Apresiasi Lewat Kenaikan Gaji

Apresiasi Lewat Kenaikan Gaji

  Selasa, 4 June 2019 05:14
Parade: Para pemain,staf dan pelatih Liverpool Jurgen Kloop (tengah) menaiki bus terbuka melakukan parade keliling kota sekaligus memamerkan tropi Liga Champions Europa (The Big Ears alias si kuping besar).Kemenangan ini bagi Kloop adalah yang pertama dari tujuh partai final yang pernah diikutinya. Liverpool sukses menjadi juara setelah di final mengalahkan Tottenham Hotspur di Wanda Metropolitano Stadium, Madrid (2/5).

Berita Terkait

Liverpool Juara Liga Champions 

LIVERPOOL - Prestasi Juergen Klopp membawa Liverpool meraih trofi Liga Champions diganjar dengan kenaikan gaji. Kontrak Klopp bersama The Reds sendiri masih tersisa tiga musim lagi atau hingga musim 2021-2022 mendatang. 

Kenaikan gaji pelatih 51 tahun itu menurut Daily Mail kemarin (3/6) sekitar 40 persen. Semula gaji per tahun Klopp adalah GBP 7 juta (Rp 126,34 miliar).  Per musim 2019-2020 naik menjadi GBP 10 juta (Rp 180,48 miliar).

Meski demikian, gaji Klopp ini masih ada di bawah pendapatan pelatih Manchester City Pep Guardiola. Ketika memperpanjang kontrak tahun lalu sampai 2021, gaji per tahun Guardiola ada di angka GBP 20 juta (Rp 360,97 miliar). 

Chairman Liverpool Tom Werner mengatakan, kenaikan gaji ini adalah hadiah klub atas prestasi yang ditunjukkan Klopp. Meski gagal meraih trofi Premier League, namun piala Si Kuping Lebar adalah prestasi yang spesial. 

“Ketika para pemain membopong lalu melemparkan Juergen (Klopp) ke udara setelah kemenangan di Madrid, mereka menunjukkan dengan jelas betapa dia (Klopp, red.) mendapat afeksi dan apresiasi tinggi dari suporter juga pemain,” tutur Werner. 

Werner menambahkan, pembawaan Klopp yang rendah hati, peduli sesama, dan murah senyum membuat Liverpool semakin dicintai suporter. Untuk itu, kerja keras Klopp sudah sewajarnya diberi ganjaran ekstra. 

Nah, menaikkan gaji Klopp ini juga bisa dibaca sebagai upaya Liverpool memagari eks pelatih Mainz 05 dan Borussia Dortmund agar tak pindah. Ketika allenatore Juventus Massimiliano Allegri mengumumkan mundur dari kursinya Klopp sempat diisukan bergabung dengan Bianconeri. Namun dengan cepat Klopp menepis isu itu. 

“Isu kepindahan itu cuma omong kosong walau sesungguhnya Serie A adalah kompetisi yang menarik. Saya mendengarnya beberapa jurnalis membicarakan soal kemungkinan itu. Namun sekali lagi itu tak benar,” kata Klopp seperti dikutip talk Sport. 

Jika dirata-rata, periode melatih Klopp di setiap klub adalah enam tahun versi Transfermarkt.  Di Mainz 05 Klopp bertahan sewindu. Lalu di Dortmund selama tujuh tahun. Di Liverpool,  musim 2019-2020 adalah periode kelimanya. (dra/ali)
 

Berita Terkait