Apel Pasukan Mantap Brata Pengamanan Pemilu, Wabup Yakin Masyarakat Cerdas

Apel Pasukan Mantap Brata Pengamanan Pemilu, Wabup Yakin Masyarakat Cerdas

  Sabtu, 23 March 2019 12:38
MANTAP BRATA: Polres Kapuas Hulu menggelar apel pasukan Mantap Brata dalam pengamanan Pemilu 2019 di halaman Polres Kapuas Hulu, kemarin. ARIEF NUGROHO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Wakil Bupati (Wabup) Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero yakin masyarakat Kapuas Hulu sudah cerdas menghadapi pesta demokrasi, termasuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, April mendatang. Hal tersebut diungkapkan Wabup saat menghadiri apel gelar pasukan Mantap Brata 2019 di Halaman Mapolres Kapuas Hulu, kemarin.

“Apalagi Pemilu sudah sering kita lakukan berulang-ulang,” cetus Wabup yakin. Hanya saja, diakui Wabup juga jika Pemilu kali ini agak sedikit berbeda dari sebelumnya. Perbedaan tersebut, salah satunya, diungkapkan Wabup dengan banyaknya surat suara, mulai yang dicoblos secara serentak secara nasional. “Ada lima surat suara yang kita harus pilih dan untuk surat suara untuk legislatif tidak disertai foto hanya kita memilih nama,” jelas Anton, sapaan karibnya.

Anton mengatakan banyaknya surat suara yang dicoblos itu perlu dilakukan sosialisasi yang banyak kepada masyarakat, agar masyarakat tahu dan memahami cara mencoblos sesuai aturan. Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu untuk tetap menjaga rasa kebersamaan serta kekeluargaan yang sudah terjalin dengan baik selama ini. “Kapuas Hulu daerah yang damai dan harmonis, mari kita jaga jangan rusak hanya gara-gara Pemilu,” pungkasnya.

Menjelang proses pemungutan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang, Kepolisian Resor (Polres) Kapuas Hulu bersama TNI dan sejumlah pihak menggelar apel gelar pasukan Mantap Brata 2019 ini. Kepala Polres (Kapolres) Kapuas Hulu AKBP RS. Handoyo mengatakan, apel gelar pasukan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan anggotanya, dalam menghadapi pengamanan dalam pemilu mendatang. “Yang terpenting kita ciptakan Pemilu yang aman, sejuk, dan damai. Kami dari TNI-Polri selalu siap mengamankan situasi dan kondisi,” kata Kapolres ditemui usai apel gelar pasukan.

Dikatakan Handoyo, kepolisian bersama TNI akan langsung mengamankan tahapan hingga pelaksanaan pemilu, termasuk pendistribusian logistik. Apalagi, tak dipungkiri dia jika wilayah Kapuas Hulu sangat luas, dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara sebanyak 993 tersebar di 23 kecamatan, ditambah kondisi geografis yang berbeda hingga pedalaman. Disampaikan Handoyo, pihaknya akan memplot atau menempatkan personel dalam pengamanan TPS.

“Kami mengajak seluruh pihak hingga lapisan masyarakat, mari kita sama-sama menjaga keamanan dalam pelaksanaan Pemilu, karena bagaimana pun juga itu tanggung jawab kita bersama,” ujar Handoyo. (arf)

Berita Terkait