APBD Landak 2018 Ditargetkan Selesai Sebelum Agustus

APBD Landak 2018 Ditargetkan Selesai Sebelum Agustus

  Selasa, 18 June 2019 09:32
Bupati Landak Margret Natasa saat menyampaikan pidato pengantar laporan pertanggung jawaban pelaksaan APBD 2018 di depan anggota DPRD Landak, Senin (17/6). MIFTAHULKHAIR/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

NGABANG – Bupati Landak Karolin Margret Natasa memberikan pidato pengantar laporan pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Landak tahun 2018 pada rapat paripurna keenam persidangan tahun 2019 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Landak tentang penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Landak tahun 2018 oleh Bupati Landak di kantor DPRD Kabupaten Landak, Senin (17/6).

Dalam laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Landak tahun 2018 Bupati Landak menyampaikan kinerja Pemerintah Kabupaten Landak terkait laporan realisasi anggaran tentang realisasi pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Landak yang tercermin pada pendapatan, belanja dan pembiayaan.

“Keseluruhan pendapatan daerah yang dianggarkan setelah perubahan APBD tahun 2018 sebesar Rp 1,34 triliun terealisasi sebesar Rp 1,33 triliun atau tercapai sebesar 98,77 persen. Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan target sebesar Rp 83,76 milyar dan terealisasi sebesar Rp 78,97 milyar atau tercapai sebesar 94,29 persen,” ucap Bupati Landak.

Untuk belanja daerah Pemerintah Kabupaten Landak mencapai 92,96 persen, transfer bantuan keuangan ke pemerintah daerah lainnya mencapai 100 persen, dan pembiayaan pemerintah kabupaten landak tahun anggaran 2018. Belanja daerah yang dianggarkan setelah Perubahan APBD tahun 2018 sebesar Rp 1,16 triliun dengan realisasi sebesar Rp 1,08 triliun atau 92,96 persen, transfer bantuan keuangan desa dan transfer bantuan keuangan lainnya sebesar Rp 2 milyar terealisasi Rp 2 milyar atau 100 persen.

Sementara pembiayaan Pemkab untuk tahun anggaran 2018 dari penerimaan pembiayaan sebesar Rp 59,23 milyar. Dikurangi pengeluaran pembiayaan sebesar Rp 8 milyar terdapat selisih sebesar Rp 51,23 milyar yang merupakan Jumlah Pembiayaan Netto (Bersih). Dari total pendapatan dikurangi total belanja dan total transfer sebesar Rp 14,33 milyar, ditambah pembiayaan bersih sebesar Rp 51,23 milyar, maka diperoleh Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA) tahun 2018 sebesar Rp 65, 57 milyar.

Lebih lanjut Bupati Landak berharap pidato pengantar laporan pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Landak tahun 2018 segera berproses di DPRD Kabupaten Landak sehingga bisa disampaikan ke Pemerintah Pusat tepat waktu.

“Saya sudah menyampaikan pidato pengantar mengenai Raperda Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Landak tahun 2018 kita harapkan agar segera berproses di DPRD sehingga kita bisa menyampaikan kepada Pemerintah Pusat tepat waktu paling lambat pada bulan Agustus yang akan datang serta tidak menghambat agenda-agenda pemerintahan kedepan,” jelas Bupati Landak.

Sementara itu, Ketua DPRD Landak, Heri Saman mengatakan, bupati sudah memenyampaikan pidato pengantar laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD pada tahun anggaran 2018. Sesuai tahapan yang telah ditentukan, laporan disampaikan oleh bupati setelah pihaknya menerima LHP dari BPK. Dan BPK menyatakan bahwa Kabupaten Landak mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Selanjutnya DPRD akan menganalisa laporan tersebut untuk kemudian menyampaikan rekomendasi. “Jika ada perbaikan yang di rasa perlu akan disampaikan oleh fraksi-fraksi pada paripurna besok (Selasa. Red),” katanya.

Setelah ada jawaban dari bupati, barulah DPRD akan menggelar musyawarah. Pihaknya juga akan membentuk satu alat kelengkapan yaitu panitia khusus untuk membahas raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2018 Kabupaten Landak.

“Setelah mendengar pidato tadi, kami sudah mendapat gambaran bahwa pelaksanaannya berlangsung dengan baik. Dari segi penatausahaan keuangan, laporan LHP kita mendapat WTP. Akan tetapi hasilnya nanti tetap menungu saran dan pendapat dari fraksi,” tutupnya. (mif)

Berita Terkait