Antusias Sambut Konser

Antusias Sambut Konser

  Rabu, 20 February 2019 09:53

Berita Terkait

Geliat Musisi Mancanegara

BEBERAPA tahun terakhir, penikmat musik Indonesia sangat dimanjakan oleh kehadiran konser tunggal artis luar negeri. Setelah kehadiran Blackpink pada awal tahun 2019 masih ada sederet konser artis luar negeri yang siap tampil memukau tahun ini. Fenomena menjamurnya konser musisi mancanegara tersebut disambut baik oleh musisi lokal Pontianak.

“Banyaknya konser musisi mancanegara tentu berdampak baik. Pihak penyelenggara dan negara dapat keuntungan. Fans mereka tentu terpuaskan karena mimpi bisa nonton langsung pujaannya terobati, tanpa harus ke luar negeri” ujar Theo, gitaris Wai Rejected.

Yap! Animo masyarakat Indonesia terhadap konser mancanegara juga luar biasa. Antusias sampai rela ngantri panjang atau bayar mahal demi tiket konser. Apalagi kalau musisi tersebut belum pernah datang ke Indonesia. FYI, seperti tiket konser John Mayer yang akan konser April nanti juga sudah sold out, promotornya sampai nambah tiket dan tetap aja sold out dalam sekejap.

“Setiap artis punya riders dan standarisasi sendiri untuk menyelenggarakan konser. Selama ini di Indonesia jarang sekali ada pembatalan konser, kalau pun ada itu pasti dengan alasan yang kuat. Jadi dapat disimpulkan keamanan dan fasilitas yang disediakan penyelenggara di Indonesia aman dan memadai,” tambah musisi Arbian Octora.

Menurut Arbian, Selain keamanan dan fasilitas, dalam penyelenggaraan konser mancanegara perlu mempertimbangkan tipe peminat atau fans dari artis tersebut juga. Ini penting dalam membuat konsep acara supaya tidak jadi konser yang mengecewakan.

Belajar dari konser mancanegara. Sebelum mengadakan konser mereka biasa mengirim orang terlebih dahulu. Kehadiran tim pendahulu dari manajemen band atau biasa disebut raider ini berfungsi memastikan kebutuhan konser telah terpenuhi atau tidak. Mereka akan mengecek kualitas sound, penepatan lighting dan tata panggung yang menunjang performance artis secara jeli. Karena itu Farhat, vokalis She’s Bro berharap musisi tanah air dapat mengambil pelajaran dari hal ini.

“Saya yakin musisi lokal tak kalah bagus dengan musisi luar negeri. Demi profesionalitas dalam penampilan saya pikir kita perlu banyak belajar. Supaya nggak hanya musisi luar saja yang ditunggu kehadirannya di Indonesia namun musisi Indonesia juga banyak ditunggu kehadirannya di luar negeri,” pungkas Farhat. (dee)

Berita Terkait