Angkutan Umum Diperiksa

Angkutan Umum Diperiksa

  Senin, 13 May 2019 12:01

Berita Terkait

Jelang Arus Mudik Lebaran

SAMBAS – Guna memberikan kenyamanan dan keselamatan warga yang akan melakukan mudik lebaran. Dinas Perhubungan Kabupaten Sambas akan melakukan pemeriksaan terhadap angkutan umum, supaya layak dioperasikan.

“Bagi kendaraan yang beroperasi di Wilayah Kabupaten Sambas, nanti akan ada pengecekan yang kami lakukan, berkaitan dengan arus mudik lebaran,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sambas, Ir H Feri Madagaskar MSi.

Pemeriksaan, sebutnya, dilakukan untuk memastikan kendaraan angkutan umum tetap layak operasi. “Rencana ramcek, dilakukan untuk kendaraan angkutan darat. Tindak lanjutnya, nanti akan dilaksanakan Rapat Forum Lalu lintas Sambas,” katanya.

Disebutkannya, kelayakan kendaraan angkutan umum, mulai dari sopir itu sendiri, kemudian kelangkapan surat menyurat hingga fisik kendaraan. “Mulai dari kondisi rem, ban, lampu, kemudian SIM untuk sopir, STNK,  KIR, semua akan dicek, karena kalau itu semua lengkap, artinya kendaraan dinyatakan layak beroperasi,” katanya.

Bahkan, nanti juga akan disampaikan dalam rapat forum lalu lintas. Jika memang ditemukan kendaraan angkutan umum tidak layak operasi. Bisa dikandangkan saja alias tak digunakan untuk mengangkut barang ataupun penumbang.

“Masyarakat juga diminta, jika menggunakan angkutan umum. Lihat dulu secara fisik kelayakan kendaraan saat mudik lebaran nanti,” katanya. 

Selain pengecekan angkutan umum. Dinas Perhubungan Sambas juga berupaya menjaga kelancaran arus mudik saat lebaran Idul Fitri 1440 H di Wilayah Kabupaten Sambas,baik orang maupun barang. 

“Sesuai dengan bidangnya, nanti petugas Dishub Sambas akan lekukan upaya untuk melancarkan arus mudik lebaran,baik itu transportasi darat, sungai yang tersebut di Sambas,” katanya. 

Termasuk pendirian posko pelayanan yang nanti tersebar di sejumlah titik di Sambas yang nanti, akan bekerjasama dengan satuan Lantas dan polisi perairan, Polres Sambas serta pihak terkait lainnya. “Posko ini tugasnya untuk memantau arus lalu lintas, kemudian kenyamanan dan keamanan pemudik. Untuk personil, sedang kami persiapkan, sementara untuk sarana pembuatan posko sudah dianggarkan,” katanya.

Namun dalam kesempatan tersebut, Feri mengingatkan pentingnya kesehatan pengemudi kendaraan juga harus menjadi perhatian. Jika ada warga yang membawa kendaraan sendiri, jaga kondisi kesehatan, jika  capek istirahat terlebih dahulu. Jangan lupa periksa kelengkapan kendaraan baik administrasi serta kelangkapan fisik sebelum

digunakan. (fah)
 

Berita Terkait