Angkut Seluruh Sampah dan Hapus Vandal di Bebatuan Bukit Jamur

Angkut Seluruh Sampah dan Hapus Vandal di Bebatuan Bukit Jamur

  Selasa, 17 April 2018 08:52

Berita Terkait

PONTIANAK--Ratusan aktivitis lingkungan dan pariwisata menggelar aksi bersih-bersih kawasan wisata Bukit Jamur, Kecamatan Bengkayang, Kabupaten Bengkayang. Hal tersebut dilakukan lantaran mereka peduli terhadap kebersihan bukit demi menjaga kelestarian alam terlebih kehidupan satwa dan tumbuhan, serta kenymanan bagi para pengunjung.

Ketua panitia, Muhammad Zen Didin yang juga pengurus Jejaring Wisata (Jewita) Kalbar mengatakan aksi yang dilakukan adalah memungut semua sampah baik organi maupun non organik ke bawah. Selain itu mereka juga menyikat seluruh tulisan di bebatuan hasil vandalisme orang tidak bertanggung jawab. 

“Banyaknya sampah plastik yang ada di bukit ini dapat berdampak buruk terhadap ekosistem. Selain mencemari, ini juga sangat membuat tidak nyaman pengunjung yang datang. Kami dari gabungan berbagai komunitas merasa terpanggil untuk menciptakan sedikit kebaikan di sini,” jelas orang yang juga aktif di komunitas trip backpacer Kalbar ini.

Menurut dia, Bukit Jamur dipenuhi aneka sampah plastik yang tampak mengotori kawasan wisata itu. Sementara batu-batu besar dicoret dengan cat semprot, dengan kata-kata tidak senonoh. Kegiatan yang berlangsung dua hari (14-15 April), menyasar segala macam sampah yang ada di kawasan tersebut.

Selain itu, aksi ini juga mendapat dukungan dari Kecamatan Bengkayang dan Polsek Bengkayang. Polsek Bengkayang misalnya, turut menurunkan tim untuk bergabung dengan para aktivis. Sementara warga sekitar juga mengapresiasi kegiatan ini.

“Menjaga kelestarian alam dan kebersihannya sudah pasti memiliki jadi tanggung jawab bersama. Salah satu bentuk tanggung jawab demi menjaga kelestarian alam ini, yakni dengan melakukan kegiatan ini. Walaupun sebagian mereka bukan warga sini, tapi punya kepedulian,” ujar Ucok Hasigian selaku Camat Bengkayang.

Tak hanya kawasan wisata Bukit Jamur saja yang akan menjadi sasaran aksi bersih, tetapi, dalam waktu dekat pihaknya juga akan membersihkan beberapa tempat wisata lain. Utamanya kawasan yang telah mengalami kerusakan akibat tangan manusia yang tidak bertanggung jawab.

“Kita akan membangun kesadaran kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan dan keindahan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan di sekitar lokasi wisata. Kami mengajak siapapun masyarakat untuk bergabung dalam kegiatan selanjutnya,” pungkas M Zen. (ars)

Berita Terkait