Anak-anak Korban Bencana Ucapkan Selamat HUT Kota Pontianak

Anak-anak Korban Bencana Ucapkan Selamat HUT Kota Pontianak

  Minggu, 4 November 2018 11:08
BERSAMA ANAK-ANAK: Para relawan Aliansi Kalbar Peduli Tanggap Bencana saat di lokasi bencana bersama anak-anak di Palu, Sulteng. ISTIMEWA

Berita Terkait

Aliansi Kalbar Peduli Tanggap Bencana di Palu, Donggala, dan Sigi

Aksi turun langsung ke lokasi bencana dilakukan oleh para relawan dari Aliansi Kalimantan Barat Peduli Tanggap Bencana, demi misi kemanusiaan.

RIESALA ANVAR, Pontianak

BERANGKAT sejak Jumat (19/10), mereka berupaya ikut serta dalam membantu meringankan beban para korban di lokasi bencana. Di lokasi bencana, para relawan ikut tergabung dengan tim relawan dari ACT. 

Mereka membantu medis dalam program pemeriksaan kesehatan gratis. Ada juga yang ikut dalam tim therapy psikososial dan trauma healing, melaksanakan program trauma healing, konsultasi psikologis, dan tim dapur umum dalam mempersiapkan bahan makanan untuk tujuh dapur umum. 

“Ada juga yang membantu tim rescue dalam penanganan evakuasi jalan longsor, akibat banjir bandang yang sempat menerjang serta team logistik dalam penyaluran kebutuhan pokok untuk masyarakat pengungsi. Di antara sembilan orang relawan yang diutus dari Kalbar oleh tim MRI Kalbar dan Aliansi Kalbar Peduli, enam orang di antaranya adalah paramedis dan tiga lainnya bidang umum,” ujar Anggun Arianto, kordinator Lapangan AKP.

Ia juga mengatakan, jika masyarakat juga bisa ikut membantu dengan menyalurkan donasi. Bantuan tersebut, dipastikkan dia, nantinya akan disalurkan kepada para korban bencana yang ada di Palu, Donggala, dan Sigi. Sebelumnya, diakui dia, juga sudah ada donasi yang dikumpulkan oleh masyarakat Kalbar untuk membantu korban bencana.

“Sebelumnya juga sudah banyak donasi yang dikumpulkan seperti Alquran 100, Buku Iqra, Buku Islam anak, sembako harian, alat salat wanita (dan) pria, perlengkapan bayi, perlengkapan wanita, ATK untuk anak sekolah, makanan ringan, obat-obatan,” tutur Anggun 

Yang lebih mengharukan lagi buat mereka, ketika anak-anak korban bencana yang didampingi mengucapkan selamat ulang tahun Kota Pontianak pada 23 Oktober kemarin. Anak-anak ini, menurutnya, mengungkapkan terima kasih atas kontribusi dari masyarakat, baik dari Kota Pontianak atau daerah-daerah lain di Kalimantan Barat. 

Selain itu, Anggun memastikan jika sisa donasi barang yang tidak tersalurkan dikarenakan hambatan pengiriman serta biaya yang lebih mahal, nantinya  akan diuangkan. Dari barang yang diuangkan tersebut  akan merekka kirim ke lokasi bencana. (*)

Berita Terkait