Amunisi Lawas Mulai Waswas

Amunisi Lawas Mulai Waswas

  Senin, 30 July 2018 10:00

Berita Terkait

ANN ARBOR - Musim baru selalu menghadirkan ekspektasi baru. Termasuk ambisi dari pemain baru. Itu pula alasan sejumlah klub berpartisipasi di turnamen pramusim.  Sebab, turnamen jelang kompetisi itu merupakan panggung audisi amunisi baru.  

Xherdan Shaqiri jadi salah satu bukti. Winger timnas Swiss itu bisa membuat tactician Liverpool Juergen Klopp pusing. Bagaimana tidak. Shaqiri yang baru bergabung awal musim ini, sudah mencatatkan performa menawan di laga debutnya bersama The Reds.  Shaqiri melakukannya saat melawan Manchester United dalam lanjutan International Champions Cup (ICC) kemarin. 

Pemain 26 tahun tersebut mencetak satu gol  indah melalui tendangan salto pada menit ke-82. Itu melengkapi satu assist yang dibukukannya pada menit ke-66 untuk gol Daniel Sturridge. Hebatnya, Shaqiri mengukir perfoma tersebut saat dia hanya diberi kesempatan bermain selama 45 menit.  Shaqiri baru masuk pada awal babak kedua menggantikan Mohamed Salah.

''Itu (perfoma Shaqiri, Red) tidak normal bila menilik fakta bahwa dia baru empat hari bergabung. Jujur, performanya melebihi ekspektasi saya,'' puji Klopp seperti dikutip Sky Sports.

Liverpudlian yang hadir pada laga yang dihelat di Michigan Stadium  juga langsung terpikat.  Mereka spontan memberi Shaqiri julukan The New Coutinho. Shaqiri juga sempat menghampiri tribun fans Liverpool sesaat setelah laga. .

Pertanyaan menyeruak, siapa yang akan digusur Shaqiri andai performa briliannya berlanjut hingga musim berjalan? Sebab, di posisinya ada Sadio Mane dan Salah untuk pemain starter. Meski agak sulit menggeser keduanya saat ini, namun kans menjadi senjata rahasia bisa jadi pilihan. Dan, bagi Adam Lallana dan Sturridge, kehadiran Shaqiri bisa mengurangi jatah bermain mereka musim ini. 

Hal serupa terjadi di Barcelona. Dua pemain anyar mereka Arthur Melo dan Malcom, mendapat kesempatan debut saat Barca menang adu penalti 5-3 melawan Tottenham Hotspur di Rose Bowl. 

Arthur yang dipercaya jadi starter berhasil mencetak satu gol bagi Barca pada menit ke-29.Sementara, Malcom yang masuk menggantikan Rafinha di paro babak kedua, menjadi salah satu eksekutor Barca yang sukses di babak tos-tosan.

Sama dengan Shaqiri, performa moncer Arthur juga bisa mengancam penggawa lini tengah Barca. Nama-nama seperti Ivan Rakitic, Sergio Busquets, dan Philippe Coutinho mungkin masih menjadi pilihan utama entrenador Ernesto Valverde. Namun, dengan usia yang masih 21 tahun, Arthur bisa lebih kompetitif.  ''Arthur berhasil beradaptasi dengan strategi tim dan mencatatkan debut yang bagus. Dia sangat termotivasi bergabung bersama tim ini,'' papar Valverde. 

Ancaman bagi pemain inti juga datang dari Simone Verdi. Bomber anyar Napoli itu sudah mencetak dua gol di dua pertandingan bersama Partenopei. Apalagi, dia dipercaya mengenakan nomor 9. 

''Saya berkembang di tim junior AC Milan bersama Carlo Ancelotti yang jadi ikon di sana. Saya yakin bisa menghormatinya (nomor 9, Red) dengan sebaik mungkin,'' ucap Verdi. (io/bas)

Berita Terkait