Aktif Wujudkan Pilkada Damai

Aktif Wujudkan Pilkada Damai

  Selasa, 15 May 2018 10:32
PERSIAPAN: Satgas Nusantara Polres Singkawang menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1439 H dan Pilkada 2018, kemarin. Har/Pontianak Post

Berita Terkait

SINGKAWANG--Satgas Nusantara Polres Singkawang menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1439 H dan sukseskan Pemilu 2018 dengan aman dan damai menuju Singkawang Hebat di Gedung Sun Moon, Senin (14-05-2018). Bertindak sebagai moderator dalam FGD ini Kapolres Singkawang AKBP Yuri Nurhidayat sedangkan narasumber kegiatan itu Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Ketua KPU Singkawang, Ramdan, Ketua Panwaslu Singkawang, Hj Zulita dan Kepala Kantor Kementerian Agama Singkawang, H Nahruzi. 

"Kita dari Pemerintah Kota Singkawang siap menyambut bulan suci Ramadhan sekaligus menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak 2018," kata Tjhai Chui Mie. Bahkan dalam menyambut bulan suci Ramadhan, Pemkot Singkawang sudah menyiapkan beberapa agenda yang digabung dalam event Ramadhan Fair guna menyemarakkan bulan suci itu. 

Dia pun berharap pelaksanaan Pilgub 2018 dapat berjalan dengan aman dan kondusif.  

"Kita boleh punya pilihan atau kandidat yang berbeda, tapi kita tetap menjaga keharmonisan," ajaknya. 

Menurutnya, masyarakat ataupun simpatisan pasangan calon boleh menyampaikan dan mensosialisasikan jagoannya dengan visi misi program kerjanya dengan tidak membawa isu SARA. Dirinya sebagai kepala daerah menginginkan keluarga besar Kota Singkawang bisa bersama-sama menjaga keamanan. Karena kalau hanya mengandalkan TNI, Polri, KPU, Panwas dan kepala daerah maka keamanan tidak akan bisa terwujud tanpa adanya dukungan dari masyarakat. "Maka dari itu sekali lagi saya harapkan masyarakat Singkawang yang sudah cerdas, pintar dan hebat ini selalu tetap menjaga keamanan sampai pada Pileg dan Pilpres kelak," pintanya. 

Karena dalam situasi yang kondusif tentunya dapat mewujudkan pemilu yang berkualitas. "Kuncinya adalah bagaimana komitmen kita bersama untuk mentaati semua aturan main yang telah ditetapkan sesuai peraturan dan perundang-undangan," katanya. Untuk itu, mari kita buktikan bahwa masyarakat Kota Singkawang merupakan masyarakat yang cerdas dan dewasa mau dan mampu menerima perbedaan secara arif dan bijaksana serta mengedepankan cara-cara yang damai dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku. 

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Singkawang, H Nahruzi meminta masyarakat muslim untuk menyambut bulan suci Ramadhan dengan gembira. 

Kemudian, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, pihaknya juga sudah mengeluarkan seruan yang ditujukan kepada pengurus masjid, Kepala RA/TK, Madrasah/Sekolah, dinas/instansi dan seluruh umat Islam se-Kota Singkawang. 

Disamping itu, dia juga meminta masyarakat muslim agar selama bulan suci Ramadhan selalu mengadakan kegiatan keagamaan, seperti Iftar (buka puasa bersama), sholat Tarawih, Tadarus Alquran, ceramah agama/thausiyah, pesantren kilat, memperingati Nuzulul Quran, dan I`tikaf akhir Ramadhan. (har) 

Berita Terkait