Aksi Pungut Sampah Peringati HLH

Aksi Pungut Sampah Peringati HLH

  Rabu, 1 June 2016 09:53
HARI LH: Karang Taruna dan BLH Kabupaten Sambas akan gelar kegiatan mendukung Sambas Bebas Sampah 2019 dan penanaman 100 pohon. OZY/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SAMBAS- Aksi pungut sampah, bersih-bersih di kawasan Tugu Pahlawan (bundaran Gabsis), penanaman seratus pohon serta deklarasi dukungan Sambas Bebas Sampah 2019 akan digelar Sabtu (4/9) sebagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia yang jatuh setiap 5 Juni.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Forum Karang Taruna dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Sambas serta komunitas peduli lingkungan lainnya. Rencananya aksi yang dilakukan berbarengan dengan pawai takaruf menyambut Ramadan 1437 H.

Ketua Forum Karang Taruna Kabupaten Sambas, Jepriadi mengatakan Hari lingkungan hidup yang diperingati setiap 5 Juni. Diharapkan bukan hanya sebuah seremoni belaka. Namun harus ada aksi nyata, aksi untuk menyerukan dan mengajak seluruh masyarakat peduli lingkungan. 

“Melalui momen peringatan Hari Lingkungan hidup, kita ingin melibatkan semua pihak termasuk para generasi muda untuk peduli dengan lingkungan. Termasuk sebagai upaya mendukung mewujudkan Sambas Bersih dan Hijau," kata Jepriadi, Selasa (31/5).

Termasuk di Karang Taruna yang ada di seluruh Desa di Kabupaten Sambas. Dirinya berharap, organisasi kepemudaan ini ke depannya bisa menjadi pelopor untuk kebersihan lingkungan diwilayah masing-masing. “Selain Karang Taruna, kegiatan serentak ini juga mengajak komunitas peduli lingkungan lainnya yang ada di Sambas,” katanya.

Lantaran, menciptakan lingkungan bersih. Sebut Jepriadi, merupakan kewajiban semua pihak. Apa yang dilakukan saat ini. Diharapkan bisa menjadi titik awal komitmen bersama mewujudkan Sambas Bersih, hijau dan sehat.

Bentuk kegiatannya, bersih- bersih di area kawasan tugu pahlawan (bundaran gabsis), aksi pungut sampah, deklarasi dukungan Sambas Bebas Sampah 2019 dan Penanaman 100 pohon.

Kepala Bidang Ekonomi dan Koperasi Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sambas, Fitri Arvianti SP memberikan apresiasi atas kegiatan yang akan dilaksanakan. Bahkan, ide seperti ini sangat ditunggu.

"Kami sangat mendukung dan telah menunggu lama lembaga atau Komunitas yang peduli untuk bersama sama mewujudkan Sambas Bebas Sampah. Kita punya jargon Sambas Green and Clean (Sambas Bersih dan Hijau). Ini tentu membutuhkan dukungan semua pihak dalam mewujudkan cita cita tersebut,” kata Fitri.

Termasuk kegiatan-kegiatan lainnya yang telah dilaksanakan forum Karang Taruna Kabupaten Sambas bersama dengan BLH. Yakni Bank Sampah Terpikat Terigas, yang juga dibina oleh Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sambas.(fah)

Berita Terkait