Aksi Polwan Mempawah di Upacara Bulanan

Aksi Polwan Mempawah di Upacara Bulanan

  Rabu, 18 April 2018 11:00
KESETARAAN: Para Polisi Wanita di jajaran Polres Mempawah sedang bertugas menaikan bendera merah-putih | WAHYU ISMIR/PONTIANAK POST

Berita Terkait

MEMPAWAH - Upacara bulanan yang dilaksanakan secara rutin oleh jajaran Polres Mempawah berlangsung dengan nuansa berbeda. Yakni, para petugas upacara di dominasi para Polisi Wanita (Polwan). Sebab, upacara bulanan kali ini sekaligus dirangkaikan dengan Peringatan Hari Kartini 21 April 2018.

Dipimpin Inspektur Upacara (Irup), Waka Polres Mempawah, Kompol Dewa Ngakan Nyoman Arinata, S.Ik, MH, upacara yang berlangsung di Halaman Mapolres Mempawah, Selasa (17/4) pagi itu diikuti puluhan personil kepolisian. Upacara berjalan dengan hikmad dan lancar yang ditandai dengan pengibaran bendera merah-putih oleh Polwan Polres Mempawah.

“Upacara bendara bulanan kali ini bertepatan dengan bulan April yang merupakan bulan kelahiran pejuang perempuan nasional RA Kartini yang lahir di Jepara pada 21 April 1879. RA Kartini sebagai pelopor kebangkitan wanita di Indonesia,” terang Dewa dalam amanatnya.

Menurut Dewa, semangat dan perjuangan RA Kartini yang pantang menyerah perlu diteladani oleh seluruh anak bangsa. RA Kartini membuktikan kegigihannya memperjuangkan emansipasi wanita berhasil merubah pola pikir bangsa.

“Sebelum lahirnya perjuangan seorang RA Kartini, nasib perempuan di Indonesia selalu direndahkan dan dibandingkan dengan kaum laki-laki. Namun, semuanya berubah berkat perjuangan dan keberanian RA Kartini. Maka, semangat perjuangan ini patut kita teladani dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pendapatnya.

Masih dalam amanatnya, Dewa mengungkapkan, saat ini situasi kamtibmas di Kabupaten Mempawah terbilang kondusif. Namun, seluruh jajaran tidak boleh lengah mengingat akan berlangsungnya Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Mempawah.

“Kehadiran Polri sangat strategis dalam menciptakan stabilitas kamtibmas di wilayah hukum Polres Mempawah. Apalagi, menjelang Pilkada situasi politik semakin meningkat. Sehingga dibutuhkan semangat dan kerja keras jajaran kepolisian untuk menciptakan stabilitas kamtibmas yang kondusif,” pendapatnya.

Lebih jauh, Dewa menuturkan jajaran Polres Mempawah tak hanya fokus pada pengamanan Pilkada Serentak 2018 melainkan juga dihadapkan pada tugas Ops Peti Kapuas 2018 dan Ops Bina Karuna Kapuas 2018. “Kegiatan-kegiatan ini harus berjalan dengan maksimal dan optimal. Maka diperlukan komitmen dan loyalitas seluruh anggota Polri untuk mensukseskan pelaksanaan operasi tersebut,” tuturnya.

Karena itu, dia mengingatkan seluruh personil Polres Mempawah supaya meningkatkan profesionalisme kerja. Laksanakan tupoksi Polri dengan sebaik mungkin dan penuh tanggung jawab. “Saya menekankan agar selalu menjaga netralitas selaku aparatur dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Mempawah. Jadilah polisi yang melayani, mengayomi dan menciptakan stabilitas kamtibmas yang kondusif di masyarakat,” harapnya mengakhiri. (wah)

Berita Terkait