Aksi Maling Resahkan Warga

Aksi Maling Resahkan Warga

  Sabtu, 16 March 2019 10:27

Berita Terkait

MEMPAWAH - Belakangan ini, warga Desa Kuala Secapah, Kecamatan Mempawah Hilir dan sekitarnya diresahkan dengan maraknya aksi maling. Pelaku tak hanya membobol rumah pribadi, melainkan juga tempat usaha masyarakat. Diharapkan jajaran kepolisian segera meringkus pelaku kriminalitas tersebut.

Salah satu korban pencurian tersebut, Rudi, warga Desa Kuala Secapah mengaku kehilangan sebuah mesin ganset dengan kapasitas 1000 watt. Diperkirakan, pencurian tersebut terjadi pada Jumat (15/3) dini hari.

“Mesin genset itu saya simpan dibagian teras rumah. Sudah hampir lima bulan, saya simpan disitu tidak pernah ada masalah. Tadi pagi, saya bangun tidur dan melihat mesin genset tersebut sudah raib dari tempatnya,” kata Rudi.

Dia mengaku tidak menemukan jejak pelaku pencurian tersebut. Namun, dia menduga pelaku pencurian kerap melintas di Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk mengintai dan mengangkut mesin genset tersebut.

“Yang pasti pelakunya berkeliaran di sekitar lingkungan masyarakat setempat. Karena, mesin genset tersebut tidak terlihat dari jalan raya. Terkecuali jika orang tersebut masuk ke dalam gang, barulah melihat keberadaan genset itu,” ujarnya.

Akibat kejadian itu, Rudi memperkirakan mengalami kerugian jutaan rupiah. Sebab, saat ini mesin genset dengan kapasitas 1000 watt itu memiliki harga pasar mencapai belasan juta rupiah. “Saya kurang tahu pasti harga pasaran genset kapasitas 1000 watt ini. Yang pasti harganya diatas Rp 5-8 juta,” sebutnya.

Lebih jauh, Rudi mengungkapkan, kasus pencurian yang dialaminya bukan yang pertama kali terjadi dilingkungan masyarakat Desa Kuala Secapah dalam beberapa bulan terakhirnya. Pekan lalu, warung milik warga dilingkungan tempat tinggalnya juga menjadi sasaran maling.

“Belum lama ini tetangga saya yang berjualan sembako menjadi korban pencurian. Pelaku mencuri beberapa barang jualan dari warung korban. Namun, saya tidak tahu apakah kasus itu sudah dilaporkan ke polisi atau belum,” tuturnya.

Sebelumnya, masih menurut Rudi, sebuah rumah kosong di Desa Kuala Secapah juga menjadi sasaran pencurian. Berbagai barang berharga milik korban berhasil dibawa kabur maling. Namun, kasus pencurian tersebut kabarnya telah terungkap.

“Mereka (pelaku) melakukan pencurian ini untuk mengkonsumsi narkoba. Informasi di masyarakat seperti itu (para pelaku pecandu narkoba). Kita berharap polisi segera mengusut pelaku pencurian dilingkungan masyarakat Desa Kuala Secapah ini. Agar, tidak menimbulkan keresahan di masyarakat,” harapnya mengakhiri. (wah)

Berita Terkait