Aksi Kejahatan di Pontianak Berbekal Linggis, Menggasak Barang Berharga

Aksi Kejahatan di Pontianak Berbekal Linggis, Menggasak Barang Berharga

  Jumat, 9 September 2016 09:27

Berita Terkait

Aksi pencurian yang dilakukan Fi alias E terbilang lihai. Hanya seorang diri, ia berhasil masuk ke dalam rumah korbannya di Sungai Rengas. Ia mengambil belasan barang berharga. 

*****

AKSI pencurian yang dilakukan Fi di rumah yang ditinggal penghuninya itu, semakin membuatnya leluasa. Berbekal sebatang linggis ia mencungkil jendela sebagai pintu masuk ke dalam rumah. 

Seperti sudah mengetahui keadaan rumah, setelah berhasil masuk, pelaku lalu mengecek semua ruangan rumah untuk mengambil sejumlah barang berharga, yakni satu unit DVD, dua unit telepon genggam, tiga unit jam tangan, dan satu buah tabung gas. 

Tak cukup dengan barang-barang tersebut, Fi terus mengambil barang berharga lainnya, seperti satu unit speaker, alat pencatok rambut, power bank, setrika, dan senter. Seluruh barang yang dibawa pelaku itu menyebabkan korban mengalami kerugian hingga Rp3 juta. Barang–barang itu lalu dimasukannya ke dalam tas yang telah disiapkan. 

Kapolsek Sungai Kakap, AKP Agus Hasanudin mengatakan, aksi pencurian yang dilakukan pelaku dilakukan pada, Rabu 7 September lalu di rumah yang sedang ditinggalkan korban. 

Pelaku yang sudah mengintai, lanjut Agus, lalu memanfaatkan kesempatan tersebut dengan mencongkel jendela rumah korban, lalu masuk dan mengambil sejumlah barang yang berada di dalam kamar dan di dapur. "Setelah korban pulang melihat rumah sudah berantakan dan barang berharganya sudah hilang semua," kata Agus, Kamis (8/9). 

Agus menjelaskan di hari yang sama, sekitar jam malam, didapatkan informasi dari warga bahwa ada seorang laki-laki sedang berjalan kaki, dengan membawa tas warna merah hitam yang dicurigai berisi sejumlah barang hasil curian. 

Dari informasi tersebut, Agus menambahkan, langsung dilakukan penyisiran, sekitar Jalan Pramuka Desa Sungai Rengas dan didapatlah seorang laki laki membawa tas warna merah hitam. "Oleh anggota, pria yang diduga pelaku kejahatan itu langsung diamankan," ucapnya. 

Agus mengungkapkan dari hasil penggeledahan didapatlah sejumlah barang bukti diduga hasil kejahatan, yakni satu unit DVD merek, satu unit alat pencatok rambut, satu unit speker, satu unit power bank, tiga unit jam, senter, buah tabung gas, dua unit telepon genggam dan setrika.

“Barang bukti itu kami sesuaikan dengan laporan polisi yang dibuat korban, antara barang yang hilang dan barang yang ditemukan di tas pelaku ternyata sesuai, sehingga pria bernisial Fi alias E itu pun langsung ditahan untuk menjalani proses hukuman,” sambungnya. 

Agus mengungkapkan dari hasil pemeriksaan, pelaku telah mengakui perbuatannya dan yang bersangkutan nekat mencuri lantaran membutuhkan uang untuk membeli minuman keras (arak). “Sesuai dengan perbuatannya, tersangka akan dikenakan pasal 363 dengan ancaman pidana penjara tujuh tahun,” tegasnya. (adg)

Berita Terkait