Aksi di Atas Tonggak Pukau Penonton

Aksi di Atas Tonggak Pukau Penonton

  Minggu, 23 June 2019 08:22
(FOTO KIRI) TERJATUH: Peserta lomba barongsai kategori tonggak terjatuh saat melakukan gerakan. (FOTO KANAN) MEMASANG ATRIBUT: Peserta menyiapkan atribut perlombaan. HARYADI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Pontianak Lion Dance International Championship

Ratusan mata penonton menyaksikan gelaran Pontianak Lion Dance International Championship pada hari kedua, di Lapangan Perbasi Pontianak, Sabtu (22/6). Lenggak lenggok barongsai menampilkan aksi melompat-lompat pada titian tonggak buat penonton terpukau.

MIRZA A. MUIN, Pontianak

HARI kedua ini menampilkan kategori bergengsi yaitu kategori tonggak. “Setahu saya ada 13 tim dari perwakilan delapan negara ikut serta dikategori tonggak ini," ucap Adi, salah satu penonton yang sengaja datang buat menyaksikan Pontianak Lion Dance International Championship.

Dia menuturkan, atraksi barongsai kali ini jelas ditunggu-tunggu. Pasalnya, di kategori tonggak, para peserta, menurutnya, akan menampilkan aksi di atas tonggak tinggi. Di atas tonggak itu, barongsai, digambarkan dia, akan meliuk-liuk. Bagi dia, keseimbangan jadi kunci utama untuk menjadi yang terbaik. Saat aksi salah satu barongsai sempat terjatuh, maka kejadian tersebut jadi salah satu yang menarik dia saksikan. "Kita yang nonton pun ikut berdebar. Pasalnya saat beraksi di atas tonggak, barongsai mesti hati-hati. Salah sedikit saja bisa jatuh," ungkapnya.

"Dari informasinya, khusus kategori tonggak ini sampai besok (hari ini, Red). Sedangkan untuk kategori tradisional sudah selesai kemarin (Jumat, Red). Perwakilan tim barongsai asal Jateng, Indonesia, jadi juaranya," kata penonton lainnya, Syaron.

Diketahui, kejuaran internasional khusus barongsai ini baru kali pertama dilaksanakan di Kota Pontianak. Meski demikian, animo penonton menyaksikan acara ini cukup tinggi.

Dia pribadi berharap ke depan Pontianak Lion Dance International Championship ini bisa menjadi agenda tahunan. Dia menyarankan agar acara mesti dikemas seapik mungkin, agar semakin sukses. Apalagi berskala internasional, menurut dia, promosi juga mesti kencang.

Adanya event-event khas seperti ini diharapkan dia bisa menjadi daya tarik untuk mendatangkan wisatawan mancanegara ke Bumi Khatulistiwa.

Ketua Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kalbar, Sugioto, menuturkan, di hari kedua penyelenggaraan Pontianak Lion Dance Internasional Championship ini, begitu banyak penontonnya. “Di hari kedua ini memainkan kategori tonggak. Kalau kemarin kan (Jumat, Red) memainkan kategori tradisional. Di kategori tonggak ini juaranya baru diketahui besok (hari ini, Red),” ungkapnya.

Adanya event seperti ini, menurutnya, juga sebagai upaya dalam memajukan olahraga barongsai, di mana FOBI menjadi induk cabang olahraga (cabor) yang masuk dalam kepengurusan KONI. Apa yang dipertontonkan mereka di sini, diharapkan dia, bisa sebagai pembelajaran bagi atlet barongsai Kalbar. Di hari terakhir, ia mengajak masyarakat kalbar untuk datang beramai-ramai menyaksikan Pontianak Lion Dance International Championship ini. (*) 

 

Berita Terkait