Akrabnya Yamaha dan Komunitas Motor

Akrabnya Yamaha dan Komunitas Motor

  Kamis, 8 September 2016 09:30
KEAKRABAN Yamaha dan komunitas motor kental terasa dalam Jambore Daerah HUT ke-3 YRFI (Yamaha Rider Federation Indonesia) di Taman Budaya, Jl Ahmad Yani Pontianak, Sabtu, 13 Agustus 2016, pukul 16.00-22.00 WIB. 19 komunitas motor Yamaha di Kota Pontianak yang tergabung dalam YRFI ikut meramaikan semua rangkaian kegiatan.

Berita Terkait

KEAKRABAN Yamaha dan komunitas motor kental terasa dalam Jambore Daerah HUT ke-3 YRFI (Yamaha Rider Federation Indonesia) di Taman Budaya, Jl Ahmad Yani Pontianak, Sabtu, 13 Agustus 2016, pukul 16.00-22.00 WIB. 19 komunitas motor Yamaha di Kota Pontianak yang tergabung dalam YRFI ikut meramaikan semua rangkaian kegiatan.

Dari halaman Taman Budaya tersebut, Ketua KONI Kalbar, Sy Machmud melepas ratusan biker dari 19 klub untuk rolling city dan touring. Rute rolling city, dari Jl Ahmad Yani menuju Jl Teuku Umar, Jl Gusti Sulung Lelanang, Jl Ahmad Yani, kembali ke Taman Budaya. Sementara, touring diikuti para biker YROI menuju Kalimantan Selatan. Saat melepas para biker, Sy Machmud didampingi Winolpo, Koordinator Area Teritori 7-8 Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia Timur YIMM; serta Eko Gunawan, Gubernur YFRI Kalimantan Barat.

“YROI Pontianak ikut Tour de Borneo ke Kalsel. Puncak acaranya di Banjarmasin pas hari kemerdekaan, 17 Agustus. Di sana, mereka akan berkumpul dengan klub motor se-Kalimantan, juga ada klub dari Sulawesi dan Jakarta. Agenda seperti ini rencananya akan kami gelar juga di Sulawesi. Kami berharap ini bisa jadi agenda rutin tahunan,” ujar Winolpo, usai pelepasan peserta rolling city dan touring.

Ia menjelaskan, YRFI merupakan wadah resmi komunitas motor Yamaha yang dibentuk perusahaan. YRFI hadir untuk merangkul semua komunitas motor Yamaha di Indonesia. “YRFI ini wadahnya, jadi komunitas motor Yamaha tidak terpencar-pencar,” katanya.

Menurutnya, YRFI hadir, tak hanya untuk mendorong para komunitas motor Yamaha saling berkomunikasi dan menjalin kebersamaan erat. Tetapi juga untuk membantu pihak kepolisian dengan safety riding, serta aktif dalam kepedulian sosial. “Kehadiran komunitas motor pun, turut membantu promosi produk kami. Ini strategi efektif untuk tingkatkan penjualan. Dua bulan terakhir, penjualan motor di Kalbar naik 5-10 persen,” ujarnya.

Fendi, Koordinator Komunitas Yamaha Kalbar dari PT Aneka Makmur Sejahtera, main dealer sepeda motor Yamaha di Kalbar menyampaikan, YRFI bersama klub/komunitas motor Yamaha aktif menggelar kegiatan di Kalbar. “Tak hanya kopi darat dan kumpul-kumpul, teman-teman komunitas juga aktif dalam kegiatan sosial. Seperti pada lebaran kemarin, ajangsana ke panti asuhan dan memberikan santunan,” katanya.

Eko Gunawan, Gubernur YRFI Kalbar menambahkan, komunitas motor Yamaha di Kalbar, khususnya Pontianak memiliki kebersamaan yang erat. “Di Yamaha, satu varian motor bisa lebih dari satu klub, tapi dalam keberagaaman itu ada kebersamaan erat. Kami di YRFI pun bantu Yamaha akomodir teman-teman komunitas,” katanya.

Kebersamaan itu terasa dalam jambore daerah ke-3 YRFI. Komunitas motor di Pontianak tak hanya hadir sebagai undangan, tapi sebagai pemilik acara. “Kami duduk bersama, sampaikan, ini acara kami sendiri. Karena acara sendiri, tentu mereka meramaikan,” ujarnya.

Ia pun mengapresiasi dukungan pihak Yamaha pada komunitas. “Kami dan Yamaha mitra. Di acara ini, Yamaha bukan sponsor, tapi mitra kami, para pengguna produknya. Karenanya kami pun selalu servis motor di bengkel resmi dan ikut mempromosikan produk-produk Yamaha,” katanya.

Selain hiburan band performance, DJ performance, dan sexy dancer; Jambore Daerah ke-3 YRFI pun diisi edukasi bahaya narkoba dan safety riding. Edukasi bahaya narkoba disampaikan langsung Kepala BNNP Kalbar, Kombes Pol Drs Nasrullah Sa MHum. Sedangkan, kampanye safety riding disampaikan AKBP Sri Riswati dari Polresta Pontianak. (*)

 

 

Berita Terkait