Ajak Siswa Tunarungu Belajar Akuaponik

Ajak Siswa Tunarungu Belajar Akuaponik

  Sabtu, 21 July 2018 10:00
AKUAPONIK: Para siswa tunarungu belajar budidaya ikan dan sayuran dengan sistem akuaponik. IST

Berita Terkait

PKM Mahasiswa UMP di SLB Dharma Asih Pontianak

PONTIANAK - Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Pontianak yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di SLB Dharma Asih Pontianak. Kegiatan pengabdian masyarakat diadakan oleh Kemenristekdikti tahun 2017 dan dilaksanakan pada tahun 2018.

Kegiatan ini dilaksanakan empat mahasiswa yakni Arini Resti Fauzi, Nurul Ilmi, M. Yunus, dan Obet Farando. Sasaran kegiatan yaitu siswa tunarungu jenjang SMP dan SMA yang dinilai masih kekurangan media belajar di bidang keterampilan. Padahal, siswa tunarungu juga memiliki potensi untuk mengembangkan bakat. 

Selain mata pelajaran formal, ada pelajaran keterampilan di SLB Dharma Asih Pontianak, seperti menjahit, sablon, TIK, serta kegiatan ekstrakurikuler seperti drum band dan pramuka.

 Namun, pengenalan ilmu perikanan di SLB Dharma Asih Pontianak masih minim. Hal ini karena kurangnya media untuk belajar tentang perikanan. Padahal media belajar visual memiliki peranan penting pada pemahaman siswa. 

“Program ini bertujuan untuk melatih siswa cara budidaya ikan sekaligus bercocok tanam sayuran,” ujar Arini. Sosialisasi pengabdian masyarakat dilaksanakan pada 14 Mei 2018 lalu. Beberapa kegiatan yang dilakukan di SLB Dharma Asih Pontianak yaitu sosialisasi pengenalan akuaponik kepada siswa tunarungu. 

Pengenalan ini berupa mengenalkan jenis-jenis ikan dan sayuran yang dapat dipelihara dalam akuaponik. Kegiatan ini langsung melibatkan siswa untuk praktik langsung menanam sayur dan memelihara ikan di kolam.

Kegiatan ini mendapat sambutan baik dari guru di SLB Dharma Asih Pontianak. Para guru berharap kegiatan ini bisa menambah keterampilan siswa.

 “Harapan kami semoga siswa semakin semangat dalam belajar akuaponik. Kegiatan ini tentunya sangat membantu para siswa dalam mengembangkan keterampilan,” kata Wening, selaku wakil SLB Dharma Asih Pontianak.

Diharapkan kegiatan ini rutin dilaksanakan siswa di sekolah untuk menambah keterampilan dan pengalaman sehingga berpotensi untuk dikembangkan lagi di lingkungannya masing-masing.(*)

Berita Terkait