Ajak Pelajar Membaca dan Lebih Memahami Alkitab

Ajak Pelajar Membaca dan Lebih Memahami Alkitab

  Jumat, 2 September 2016 10:19
ARAK-ARAKAN: Para pelajar di lingkungan YPSB Pontianak mengikuti arak-arakan dalam perayaan pembukaan BKSN 2016.

Perayaan pembukaan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2016 di Yayasan Pendidikan Sekolah Bruder (YPSB) berlangsung meriah. Acara digelar di Halaman SMP Bruder, Pontianak, Kamis (1/9) pagi.

 

IDIL AQSA AKBARY, Pontianak

 

RATUSAN pelajar SD, SMP, dan SMA di YPSB mulai ramai memadati lokasi kegiatan sejak pukul 06.30. Kedatangan mereka demi mengikuti perayaan pembukaan BKSN 2016.

Kegiatan dengan tema, "Keluarga yang Bersaksi dan Mewartakan Sabda Allah" ini dimulai pukul 07.00. Dengan agenda pertama arak-arakan yang diikuti tiap perwakilan sekolah dengan rute mengelilingi lingkungan YPSB. Mereka terdiri dari kelompok drum band, pembawa baliho, pembawa salib dan lilin, pembawa alkitab, serta kelompok kesenian lainnya seperti angklung dan tarian tradisional.

Usai arak-arakan acara dilanjutkan dengan ibadat pembuka serta sambutan dari Ketua Pelaksana dan Ketua YPSB. Ketua Panitia BKSN 2016, Yulius Mingkir menjelaskan, agenda tahunan di lingkungan YPSB ini akan diisi dengan berbagai kegiatan selama satu bulan penuh. Mulai dari kegiatan keagamaan, beragam perlombaan, kesenian dan olahraga.

Yulius mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, termasuk seluruh peserta yang telah hadir dalam pembukaan dan siap mensukseskan BKSN tahun ini. Dia menjelaskan, salah satu tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah aplikasi dan aktualisasi dari misi sekolah YPSB. Yaitu mengupayakan pendidikan yang berpusat pada Kristus, pemerataan kabar gembira, unggul dalam pelayanan dan lurus dalam pencapaian tujuan.

Lebih spesifik lagi, menurutnya bila dikaitkan dengan tema kegiatan, salah satu tujuan yang tersirat adalah melalui seluruh aspek hidup dan karya di lingkungan YPSB ini, terwujudlah kesaksian dan pewartaan yang memberikan manfaat serta makna bagi orang-orang sesama di sekitar. “Sehingga kita dapat menjadi terang yang selalu bercahaya dalam kedelapan,” tambahnya.

Dia pun berharap agar kerja panitia dalam BKSN ini dapat lebih baik lagi. “Mari semuanya seia-sekata bekerja sama melibatkan diri dalam seluruh kegiatan yang akan diadakan,” pungkasnya.

Ketua Yayasan Pendidikan Sekolah Bruder (YPSB) Br. Bernadinus Sukasta dalam sambutannya, sempat mengutip perkataan pendiri Lembaga Biblika Indonesia (LBI). “Dikatakanya karena kita sering malas membaca kitab suci, beliau berpesan begini, mulai saja membaca dan hendaklah anda tekun, lama-kelamaan terbinalah kebiasaan membaca dan kesenangan membaca,” ucapnya.

Sehingga keengganan untuk membaca akan mulai teratasi, khususkan waktu terbatas untuk membaca Alkitab walau hanya beberapa saat sehari. Baca saja lebih-lebih dengan hati dan daya khayal dari pada dengan otak yang mau mengerti segalanya. “Bila ada bagian Alkitab yang tidak mengesankan, biarkan saja, bacalah terus nanti pasti anda akan bertemu dengan bagian yang mengesan di hati,” ucapnya.

“Mari mulai membaca seperti yang didengarkan oleh Santo Agustinus dalam renungannya yaitu ambilah dan bacalah,” pungkasnya yang sekaligus menutup acara pembukaan dengan pelepasan balon dan atraksi hiburan sebagai tanda resmi dimulainya perayaan BKSN 2016.(*)