Ajak Kaum Muda Katolik Melek Politik

Ajak Kaum Muda Katolik Melek Politik

  Jumat, 10 November 2017 09:47
RAPIMDA: Ketua PK Komda Kalbar Maskendari saat menyampaikan sambutan dalam rapimda di Pontianak, Jumat (10/11). BUDI MIANK/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

PONTIANAK - Wilayah politik bisa menjadi medan kerasulan bagi pemuda Katolik dalam mengaktualisasi karyanya bagi negara dan gereja. "Ini harus dibangun dengan proses pendidikan pengkaderan," kata Ketua Pemuda Katolik Komisariat Kalbar, Maskendari di Pontianak, kemarin.

Hal tersebut disampaikannya dalam rapat pimpinan daerah dan kursus kader politik Pemuda Katolik Komisariat Kalbar di Pontianak, Jumat (10/11). "Politik itu menjadi tanggungjawab semua orang Katolik. Hirarki (gereja) hanya mendukung umat yang berkiprah dalam dunia politik," ujarnya.

Maskendari juga mengajak Pemuda Katolik untuk menggunakan media sosial secara bertanggungjawab, tidak menyebarkan fitnah, juga tidak menyebarkan informasi palsu. "Hentikan semua penggunaan media sosial yang bisa merugikan diri sendiri, juga orang lain," katanya.

Dia mengungkapkan, dalam rapimda ini akan dilakukan evaluasi terkait program kerja dan menerjemahkan hasil rapimnas dalam konteks Kalbar. "Ini penting untuk kemajuan organisasi masa mendatang," ucapnya.

Pemuda Katolik di Kalbar ada 11 komisariat cabang yang telah definitif. Ada tiga yang masih karateker, yakni Sanggau, Singkawang, dan Sambas. Pihaknya memastikan akan terus melakukan upaya konsolidasi dan koordinasi terkait komcab yang belum definitif.

Rapimda ini dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Kalbar Bidang Sosial dan Sumber Daya Manusia, Junaidi. Ia mengajak kader Pemuda Katolik untuk memberikan kontribusi yang baik dalam pembangunan manusia di daerah ini.

"Pemuda Katolik haruslah bisa memberikan nilai lebih bagi peningkatan kehidupan masyarakat, terutama generasi muda. Pemuda Katolik mesti bisa menunjukkan kualitasnya sebagai generasi muda bangsa penerus perjuangan," kata Junaidi. (mnk)

Berita Terkait