Ajak Kader Cari Peluang, Tambah Penghasilan

Ajak Kader Cari Peluang, Tambah Penghasilan

  Selasa, 20 March 2018 11:00
PAMERAN HKG: Pameran HKG PKK ke-46 tingkat Kabupaten Kayong Utara di halaman Gedung Nirmala Sukadana, Senin (19/3). HUMASKAB FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

Pameran HKG PKK Kayong Utara Dimulai

SUKADANA – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kayong Utara, Ny Diah Permata Hildi berharap agar kader-kader PKK dapat mencari peluang, sehingga bisa menambah penghasilan dan memenuhi kebutuhan keluarga. Pesan tersebut disampaikan dia pada saat pembukaan Pameran Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-46 tingkat Kabupaten Kayong Utara di halaman Gedung Nirmala Sukadana, Senin (19/3).

Para ibu-ibu, menurut dia, sudah saatnya mengembangkan kreativitasnya dalam bidang usaha ekonomi produktif. Caranya, disarankan dia, adalah dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada di lingkungan sekitar, baik secara perorangan maupun berkelompok.

"Salah satu caranya, dengan usaha peningkatan pendapatan keluarga yang memegang peran penting untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga," ucap Diah.

Ditambahkannya, Pameran UP2K ini bertujuan untuk membantu enam Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Kayong Utara, melalui penyediaan tempat untuk bisa memamerkan atau menjual produk hasil kerajinan dan aneka kuliner. "Dengan adanya pameran ini, maka akan mendatangkan para pembeli yang tentunya bisa menumbuhkan kecintaan akan produk-produk khas daerah di mana barang-barang yang dijual merupakan hasil kreativitas yang terus digali melalui potensi yang dimiliki," terangnya lagi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kayong Utara, Hilaria Yusnani, yang didaulat membuka secara resmi pameran tersebut, menyampaikan bahwa pameran ini mendorong tumbuhnya kemitraan antara PKK dengan berbagai stakeholder, pemerintah, lembaga, dan pihak swasta. Selain itu, diharapkan Sekda, juga untuk membantu kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga dalam mempromosikan produknya dan memperluas jaringan pemasaran, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya. Harapan lainnya, diungkapkan dia, adalah memacu semangat dan kreativitas pada masyarakat, khususnya ibu-ibu dan berbagai hasil olahan yang ditampilkan pada pameran.

"Saya berharap pameran ini dapat membantu kelompok-kelompok usaha mikro, guna memasarkan produk unggulan. Masing-masing upaya dapat membangun jaringan pemasaran yang lebih luas dan memiliki daya saing dengan produk unggulan masyarakat," ungkap Hilaria lagi.

Dirinya berpesan, agar para kader PKK berperan aktif untuk memberikan pembinaan-pembinaan secara langsung ke lapangan, baik tentang pengembangan potensi yang ada, pengelolaan mutu produk, kemasan, maupun cara pemasaran. “Sehingga mampu memberikan pemahaman kepada para ibu rumah tangga dalam menciptakan usaha maupun meningkatkan usaha yang sudah ada.” (dan/humas)

Berita Terkait