Air Rebusan Serai Berikan 7 Khasiat Kesehatan Ini

Air Rebusan Serai Berikan 7 Khasiat Kesehatan Ini

  Senin, 18 March 2019 11:58
Air rebusan serai memiliki 7 manfaat jika diminum secara rutin. (MomJunction)

Berita Terkait

Serai atau lebih dikenal dengan sereh, sering digunakan sebagai bumbu dapur pada sejumlah masakan. Seperti rempah lainnya yakni jahe, kunyit, dan salam, serai juga bisa direbus untuk diambil manfaatnya bagi kesehatan.

Cara membuat air rebusan serai cukup mudah. Siapkan 4 gelas air, 2 batang serai cincang atau digeprek, dan satu sendok teh madu. Rebus semua bahan dan sajikan hangat.

Satu air rebusan serai baik diminum setiap hari. Jika menderita kondisi medis apa pun, berkonsultasilah dengan dokter mengenai dosisnya. Sehingga bisa mendapatkan berbagai manfaatnya.

Lalu, apa saja manfaat serai untuk kesehatan? Dilansir dari Style Craze, Senin (18/3), air rebusan serai memiliki 7 manfaat jika diminum secara rutin.

Turunkan Berat Badan

Air rebusan serai mengandung sedikit kalori. Sehingga baik untuk diet dan menurunkan berat badan. Air rebusan serai juga membuat lebih kenyang, mencegah makan berlebihan. Rebusan serai mengandung polifenol untuk meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak, sehingga bisa menurunkan berat badan. Bisa juga digunakan untuk detoksifikasi.

Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rebusan serai dapat menurunkan kadar gula darah sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes. Tetapi konsultasikan dengan dokter jika sudah menjalani pengobatan diabetes. 

Tekanan Darah

Penelitian juga pernah mengungkapkan bahwa serai bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk hipertensi. Studi lain yang dilakukan pada 2012 menemukan bahwa asupan air rebusan serai dapat menurunkan tingkat tekanan darah. Namun tetap konsultasi dulu dengan dokter.

Lawan Kanker

Studi laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak serai dapat menghambat fase awal kanker, terutama hati. Satu senyawa dalam serai, yang disebut sitral, berfungsi menginduksi kematian sel dalam kasus kanker payudara.

Penelitian juga menunjukkan bagaimana ekstrak serai dapat menjadi alternatif yang tidak beracun untuk pengobatan kanker. Beberapa sumber mengatakan bahwa serai juga membantu mengobati kanker prostat meskipun masih harus diteliti lebih lanjut.

Kesehatan Pencernaan

Air rebusan serai bekerja sangat baik sebagai obat alternatif untuk kram perut, sakit perut, dan masalah pencernaan lainnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa serai bisa efektif dalam mengobati tukak lambung.

Fungsi Ginjal

Rebusan serai berfungsi sebagai detoksifikasi yang baik dan juga bisa membersihkan ginjal.

Tidur Nyenyak

Rebusan serai memiliki efek menenangkan, yang dapat membantu tidur nyenyak. Minuman ini juga meringankan insomnia dan perasaan gelisah.

Editor           : Nurul Adriyana Salbiah 
Reporter      : Marieska Harya Virdhani/Jawa Pos

Berita Terkait