Ada Truk yang Terguling di Pangkalan Suka, tapi Angkutan Selamat

Ada Truk yang Terguling di Pangkalan Suka, tapi Angkutan Selamat

  Selasa, 16 April 2019 12:08
TIBA DI KECAMATAN: Logistik Pemilu milik Kecamatan Kendawangan sudah tiba di gudang penyimpanan kecamatan paling selatan tersebut, Senin (15/4). ISTIMEWA

Berita Terkait

Ketua KPU Pastikan Distribusi Logistik Pemilu Tiba di Pedalaman

Truk pengangkut logistik Pemilu terguling. Truk yang hendak mengantar logistik Pemilu untuk Kecamatan Simpang Hulu tersebut, terguling di daerah Pangkalan Suka, Kecamatan Nanga Tayap pada Minggu (14/4) malam. Meski demikian, KPU memastikan pendistribusian logistik Pemilu ke Simpang Hulu tepat waktu.

KETUA KPU Ketapang, Tedi Wahyudin, membenarkan adanya truk pengangkut logistik Pemilu milik KPU Ketapang yang terguling. Truk tersebut hendak mengantar logistik Pemilu ke Simpang Hulu. "Yang terguling ada satu. Kejadiannya kemarin (14/4) malam sekitar pukul 11.00," kata Tedi, kemarin (15/4).

Dia menjelaskan, truk tersebut berangkat dari gudang penyimpanan logitik KPU Ketapang pada Minggu (14/4) sekitar pukul 17.00 WIB. Ada sekitar sembilan unit truk yang berangkat mengantar logistik milik Kecamatan Sandai dan Kecamatan Simpang Hulu. "Tergulingnya di daerah Pangkalan Suka, Nanga Tayap," jelasnya.

Tedi belum bisa memastikan penyebab truk tersebut terguling. Pihaknya masih belum bisa mengonfirmasi langsung kepada sang sopir truk, karena terkendala jaringan telepon genggam. "Katanya lampunya mati, tapi kita juga belum dapat laporan pastinya. Intinya truknya sudah melanjutkan perjalanan," ungkap Tedi.

Usai terguling, truk tersebut langsung dibantu untuk ke posisi semula oleh truk-truk yang lain. Setelah diperiksa, kondisi truk masih layak jalan. Pada malam itu juga truk tersebut langsung melanjutkan perjalanan ke Sandai. Pagi harinya, truk tersebut melanjutkan perjalanan menuju Simpang Hulu. "Alhamdulillah sudah sampai tadi pagi (kemarin, Red) sekitar jam 10.00," papar Tedi.

Tedi menambahkan, logistik Pemilu yang ada di dalam truk yang terguling tersebut tidak mengalami kerusakan. Karena saat terguling, truk tetap dalam posisi tertutup terpal, sehingga seluruh logistik dalam keadaan baik. Seluruh logistik juga sudah dibongkar dan ada di gudang Kecamatan Simpang Hulu.

Selanjutnya, logistik tersebut akan didistribusikan ke masing-masing TPS di Kecamatan Simpang Hulu. "Logistik untuk masing-masing kecamatan sudah sampai. Hari ini ada Simpang Hulu, Sandai, Manis Mata, dan Kendawangan. Mudah-mudahan tidak ada kendala untuk pendistribusian ke TPS. Mudah-mudahan tidak hujan juga," harapnya.

Sementara itu, logistik Pemilu untuk Kecamatan Kendawangan tiba pada Senin (15/4), sekitar pukul 07.30 WIB. Kedatangan truk logistik ini dikawal oleh sejumlah petugas dari TNI dan Polri. Ada tujuh unit truk pengangkut logistik Pemilu untuk Kecamatan Kendawangan. Selanjutnya logistik dibongkar di gedung Pusat Kegiatan Guru (PKG) Kecamatan Kendawangan di bawah pengawasan Panwaslu Kendawangan.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Kendawangan, Ardianto Johny Kotta, mengatakan, pergeseran logistik Pemilu ke desa akan dilaksanakan pada hari itu juga, khususnya untuk daerah terjauh, seperti Desa Air Hitam dan sekitarnya, serta daerah SP dan beberapa pulau di Kendawangan. Sementara untuk daerah terdekat akan dilakukan hari ini, Selasa (16/4).

Dia menjelaskan, logistik Pemilu 2019 ini sudah tersusun dari KPU Ketapang. Surat suara sudah dimasukkan mereka ke dalam kotak suara. PPK hanya tinggal menyusun dan mendistribusikan untuk masing-masing desa. "Untuk hari ini target 10 desa terjauh akan didistribusikan. Selanjutnya untuk sembilan desa besok (hari ini, Red) baru bisa distribusikan," ungkapnya.

Danramil 1203-03 Kendawangan, Kapten Inf. Samsu Alam, mengatakan, untuk personel pengamanan dari TNI sudah mulai bergeser sesuai jadwal pendistribusian logistik dari PPK. TNI sudah menerjunkan 18 personel untuk pengamanan Pemilu Serentak tahun 2019, khusus di Kecamatan Kendawangan.

Sementara itu, Kapolsek Kendawangan, AKP First Orlando Siagian, mengatakan, pihaknya menerjunkan 143 personel Polri yang terdiri dari anggota dari Polsek Kendawangan, Polres Ketapang, dan BKO dari Brimob dan Pol Air. Seluruh anggota tersebut, menurut dia, akan mengamankan 135 TPS yang tersebar di 19 desa yang ada di Kecamatan Kendawangan.

Personel tersebut dipastikan dia, akan berada di Kendawangan selama satu pekan, sampai hari penghitungan suara tingkat kecamatan. "Kami berharap agar warga yang mempunyai hak pilih untuk menggunakan hak pilihnya pada tanggal 17 April mendatang, dengan tetap menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, agar Pemilu serentak tahun 2019 ini berjalan aman, tertib, damai dan sejuk," imbaunya. (afi)

Berita Terkait