Acara Tolak Balla Disesaki Penonton

Acara Tolak Balla Disesaki Penonton

  Senin, 18 February 2019 14:07
foto: Acara tolak bala sehari sebelum Cap Go Meh di Kota Singkawang.

Berita Terkait

SINGKAWANG--Sejak pagi jalanan kota Singkawang ramai. Mulai wisatawan, hingga penonton menyesaki Vihara Bumi Raya pusat kota Singkawang.

Bahkan rombongan tatung kesulitan bergerak leluasa menuju vihara. Hari ini Senin (18/2), para tatung keluar dari peraduan mereka. Para tatung beriringan dengan tandu hingga jalan kaki menuju klenteng tua itu. Mereka meminta doa dan berkah kepada para dewa. Ritual Tolak Bala menghadapi Cap Go Meh. Ritual yang harus dilakukan para tatung.

Para tatung jelas jadi sorotan. Mulai turun dari Mobil Pick up yang membawanya hingga duduk ditandu diburu sorot kamera. Semua hal dilakukan tatung menarik. Hal itu membuat peregerakan rombongan tatung disesaki para penonton dan pengambil momen baik menggunakan smartphone hingga lensa kamera profesional.

Salah satu wisatawan, dari Medan, San Min menyukai atraksi Cap Go Meh di Kota Singkawang. Ia mengatakan baru pertaman kali ke Singkawang. Selan atraksi tatung dan keramaian, ia juga kagum akan asimilasi dan pembauran warga yang ada. "Hebat, baru pertama yang saya lihat, pembauran warganya, ini menunjukkan Bhineka Tunggal Ika-nya," ungkap priq berkacamata ini.

Hal sama juga disampaikan Lahes Jagau yang akrab disapa Panglima Baonk, yang mengatakan Singkawang ini menarik. "Agenda Cap Go Meh di Singkawang ini tidak pernah membosankan. Siapapun yang datang tentu senang. Apalagi mereka yang datang dari luar Kalbar tentu hal ini tidak membosankan," jelasnya.

Jika bicara ekspektasi kedepan, kata budayawan Dayak, lengkap sudah semuanya, unsur budayanya, atraksinya, bahkan tak heran Singkawang dinobatkan Kota Tertoleran di Indonesia. "Kami setiap tahun tidak pernah absen menyaksikan Cap Go Meh ini," ujarnya. (har)
 

 

Berita Terkait