Abdikan Diri untuk Kalbar

Abdikan Diri untuk Kalbar

  Jumat, 3 June 2016 09:30
Kapolda Kalbar Brigjen Musyafak

Berita Terkait

Kapolda baru Kalbar Brigjen Musyafak siap mengabdikan diri dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kalbar. Dia menegaskan, menjadi polisi merupakan caranya untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. "Saya akan memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kalbar," papar Musyafak.

Musyafak menggantikan Brigjen Arief Sulistyanto, yang dipercaya menjabat Staf Ahli Manajemen Kapolri. Perwira tinggi kelahiran Demak, Jawa Tengah 12 Juli 1959, ini berpengalaman di bidang intelijen keamanan.

Sejumlah jabatan strategis di Polri pernah diemban Jebolan Akademi Kepolisian 1984 itu. Lulus Akpol 1984, Musyafak bertugas di wilayah Polda Metro Jakarta Raya. Jabatan yang diembannya antara lain Wakapolsektif Bekasi Kota, Kapolsek Pondok Gede, hingga Kapuskodal Ops Polres Bekasi, Polda Metro Jaya.

"Setelah bertugas di Polda Metro Jaya saya kemudian sekolah. Setelah itu ditempatkan di Polda Sumatera Selatan," kata ayah tiga anak ini.

Di Polda Sumsel, Musyafak dipercaya memegang sejumlah jabatan. Antara lain Kasat Serse Poltabes Palembang, Polda Sumbagsel serta Kasubbag Prodol Setdit Intelpam Polda Sumsel. Setelah itu, Musyafak kembali sekolah. "Kemudian saya ditugaskan di Aceh," ungkapnya. 

Setelah menjabat Setdit Pers Polda Aceh, Musyafak dipercaya menjadi Komandan Batalyon IV Mentar Akpol. Karir Musyafak terus menanjak. Ia kemudian menjabat Kapolres Demak, Polwil Semarang, Polda Jateng, Kapolres Cirebon, Polwil Cirebon, Jawa Barat. Kemudian, pernah bertugas sebagai Kabid Binkum Polda Papua dan Kapolres Jakarta Utara. "Setelah itu saya sekolab sespati," ujarnya.  

Setelah sekolah, Musyafak kemudian masuk ke Bareskrim Polri. Ia dipercaya menjabat Kabag Opat Rorenmin Bareskrim Polri. Kemudian, ia juga pernah menjabat di Lemdikpol sebagai Kabagbingadik Robindiklat dan Karokulum Lemdikpol.

Musyafak akan memimpin Polda Kalbar yang tahun ini resmi naik tingkat menjadi tipe A. (ody)

 

Berita Terkait