95 Peserta Ikuti KML di Singkawang

95 Peserta Ikuti KML di Singkawang

  Senin, 26 September 2016 11:19
BENDERA: Ketua Kwarcab Pramuka Mempawah, DR. H Rahmad Satria, SH, MH didampingi Kadisdikpora, Firman Juli Purnama menyerahkan bendera kepada peserta KML WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH- Melaksanakan amanat UU, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) bekerjasama dengan Kwarcab Pramuka Kabupaten Mempawah melaksanakan kegiatan Kursus Mahir Lanjutan (KML). Sebanyak 95 peserta berpartisipasi dalam kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 24 -29 September di Komplek Wisma Palem Beach, Kota Singkawang itu.

Kegiatan KML yang diikuti para pembina pramuka termasuk pula guru dan elemen masyarakat lainnya itu, dibuka secara resmi oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Mempawah, DR. H Rahmad Satria, SH, MH. Pembukaan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Disdikpora, Firman Juli Purnama dan pengurus Kwarcab Pramuka Mempawah.

 “Sesuai ketentuan UU, harusnya pelaksanaan KMD, KML, KPD dan KPL itu dilaksanakan oleh Kwarcab Pramuka. Namun, dalam kegiatan ini pelaksananya Disdikpora bekerjasama dengan Kwarcab Mempawah. Makanya, kami sangat mengapresiasi kepedulian dan upaya Disdikpora dalam memajukan gerakan pramuka di daerah ini,” tutur Rahmad Satria dalam sambutannya.

Rahmad Satria yang juga Ketua DPRD Kabupaten Mempawah itu menerangkan, pelaksanaan KML sebagai upaya mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang nantinya akan melakukan tugas pembinaan atau melatih, dan persiapan menjadi pelatih.

 “Ada melatih dan pelatih. Yang paling berat itu, melatih atau membina. Karena, didalam menjalankan tugas itu terdapat kata ‘ikhlas bhakti bina bangsa berbudi bawa laksana’. Ini bukan sekedar rangkaian kata, melainkan harus mampu diaplikasikan dengan baik ketika kita melatih atau membina,” pendapatnya.

Lebih jauh, Rahmad Satria menyebut, pelaksanaan KML merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yakni KMD yang juga menjadi syarat mutlak untuk melangkah pada KPD dan KPL. Saat ini, imbuh Rahmad, Kabupaten Mempawah telah melaksanakan KMD dan KML, mungkin tahun depan bisa dilanjutkan dengan KPD dan KPL.

 “Para peserta yang lulus pada kegiatan KML, nantinya akan menyandang gelar Pembina. Sedangkan untuk menjadi Pelatih, harus mengikuti KPD dan KPL. Peserta yang lulus dalam kegiatan KPD dan KPL akan menjadi menjadi pelatih bagi tingkatan Pembina,” paparnya. Untuk itu, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Mempawah ini berpesan agar para peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan serius dan tekun. Jika nanti telah menyandang gelar Pembina, maka peserta diminta untuk menjalankan amanat UU Gerakan Pramuka dengan baik dan benar.

 “Saya minta agar peserta KML telah mempelajari UU Gerakan Pramuka, hingga bisa menjabarkan isinya dengan baik serta terarah. Mudah-mudahan, dengan kegiatan-kegiatan kepramukaan ini akan lahir generasi-generasi yang bermutu dan berkualitas serta berkarakter,” harapnya.

Ditempat yang sama, Panitia KML 2016 tingkat Kabupaten Mempawah mengungkapkan, kegiatan tersebut diikuti 95 peserta dari Sembilan kecamatan di daerah itu. KML akan berlangsung selama enam hari sejak tanggal 24-29 September 2016 di Komplek Wisma Palem Beach, Kota Singkawang.

 “KML ini sebagai bentuk pembekalan pengetahuan dan pengalaman kepada para Pembina yang telah menyelesaikan KMD. Khususnya para guru dari kwarcab Mempawah. Setelah mengikuti KML ini, peserta diharpakan mampu memahami, mengahyati dan melaskanakan AD/ART pramuka dengan baik,” singkatnya.(wah) 

    

Berita Terkait