77.909 Surat Suara Pilgub Tiba

77.909 Surat Suara Pilgub Tiba

  Rabu, 6 June 2018 10:00
SURAT SUARA: Ketua KPU Kayong Utara Dedy Efendy saat menunjukkan logistik surat suara untuk Pilgun Kalbar yang tiba di Kayong Utara dan akan didistribusikan secara bersamaan, kemarin (4/6). DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Kekurangan 299 Hologram

SUKADANA – Sebanyak 77.909 lembar surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat 2018 tiba di Kayong Utara. Surat suara tersebut merupakan kiriman dari KPU Provinsi Kalbar kepada KPU Kabupaten Kayong Utara.

Tak hanya surat suara. Bersama salah satu logistik pilkada tersebut juga disertakan hologram sebanyak 738 buah dan segel, 6.937 buah. "Untuk hologram kita masih ada kekurangan sebanyak 299 buah dan sudah kita laporkan ke KPU di tingkat provinsi," terang Ketua KPU Kabupaten Kayong Utara Dedy Efendi di Sekretariat KPU Kabupaten Kayong Utara, Senin (4/6) di Sukadana.

Dia menyebut pihaknya sudah melakukan penghitungan jumlah surat suara yang kini telah digudangkan di Sekretariat KPU Kabupaten Kayong Utara tersebut. Ia mengatakan, tak terdapat selisih antara jumlah surat-surat suara yang diterima dengan jumlah yang tertulis. "Kalau untuk kerusakan kita masih belum tahu karena kita belum tahu surat suara yang disebut rusak itu seperti apa," katanya lagi.

Sementara, untuk kebutuhan logistik lain seperti formulir berita acara dan sebagainya, KPU Kayong Utara masih menunggu laporan dari KPU Kalimantan Barat. "Biasanya kalau sudah sampai di Pontianak, KPU di tingkat Provinsi akan lapor ke kita," jelasnya.

Sementara, untuk pendistribusian logistik kebutuhan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Kayong Utara dan Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Barat akan dilakukan secara bersamaan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Karena, sambung dia, berdasarkan Peraturan KPU (PKPU), logistik ini sudah harus sampai di PPK minimal sepuluh hari sebelum hari pencoblosan. "Memang untuk proses distribusinya akan dilakukan secara bersamaan," sambungnya.  

Menurut dia, logistik tersebut juga sudah harus tiba di Tempat Pemungutan Suara (TPS) paling lambat satu hari sebelum hari pencoblosan. "Nanti dari PPK yang akan menyalurkan kembali ke PPS, lalu PPS yabg akan membawanya ke TPS," pungkasnya. (dan)

Berita Terkait