74 JCH Kayong Utara Menuju Pontianak

74 JCH Kayong Utara Menuju Pontianak

  Senin, 30 July 2018 10:37
PELEPASAN: Penjabat Bupati Kayong Utara Syarif Yusniarsyah saat melepas keberangkatan para calon jemaah haji Kayong Utara, Sabtu (28/7) pagi di Masjid Agung Oesman Al-Khair Sukadana. HUMASKAB FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

Hormati Aturan di Negara Lain

SUKADANA – Ibadah haji adalah sebuah peribadatan yang dilaksanakan di negara lain, sehingga tentu saja yang melaksanakannya harus menghormati aturan, ketentuan, serta budaya yang berlaku di negara tersebut. Pesan tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara Syarif Yusniarsyah saat melepas 74 jemah calon haji (JCH) Kabupaten Kayong Utara, di Masjid Agung Oesman Al Khair Sukadana, Sabtu (28/7).

“Untuk itu, bagi jemaah hendaknya menjauhi tindakan-tindakan yang tidak terpuji dan tidak melakukan tindakan yang jelas-jelas dilarang oleh Pemerintah Arab Saudi, serta tidak pula mudah terprovokasi oleh isu-isu yang belum jelas kebenarannya,” pesan Pj. Bupati di hadapan para tamu Allah tersebut. Untuk menghindari itu, dia menyarankan agar semua jemaah lebih mengkonsentrasikan diri dalam beribadah, yang merupakan tujuan utama kedatangan mereka ke tanah suci tersebut.

“Selain itu harus dipahami pula bahwa jemaah calon haji Kabupaten Kayong Utara yang berjumlah 74 orang, akan membaur dengan seluruh jemaah haji lain dari berbagai negara, (untuk) melakukan ritual ibadah yang sama, dalam waktu yang sama, dan di tempat-tempat tertentu secara bersamaan pula,” ungkapnya. Maka dari itu, mereka dipesankan Pj. Bupati agar benar-benar beradaptasi dengan situasi dan kondisi tersebut. Dia meminta agar menghilangkan sikap egois, merasa benar sendiri, sikap arogan, meremehkan orang lain, kemudian membangun rasa kasih sayang dan semangat kebersamaan, memperkuat persaudaraan, memperkokoh persatuan, mengembangkan jiwa solidaritas, memupuk sikap toleransi, dan saling menghormati. “Tampillah sebagai sosok haji Indonesia yang santun dan berakhlakulkarimah,” harap Yusniarsyah.

Prosesi pelepasan tersebut berlangsung haru. Bagi Yusniarsyah, ini merupakan moment yang sangat ditunggu-tunggu oleh JCH, setelah dengan sabar menanti untuk memperoleh kesempatan menunaikan rukun Islam yang kelima tersebut. Oleh karenanya, ia menyampaikan mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji dan berharap mereka memperoleh haji yang mabrur. “Untuk memperoleh haji yang mabrur, harus diawali dengan niat yang tulus dan diikuti dengan melaksanakan seluruh rangkaian manasik haji, sesuai dengan cara yang dianjurkan oleh Allah dan Rasul-Nya.  Selain itu harus pula dijauhi hal-hal yang dapat mengurangi dan bahkan dapat menghilangkan kemabruran haji tersebut,” pesan dia.

Selain itu, dia juga mengingatkan para jemaah agar mereka sadar bahwa perjalanan ke tanah suci adalah untuk beribadah, bukan perjalanan biasa. Mereka diminta dia untuk benar-benar menjaga fisik serta mental yang baik. “Selain itu diperlukan pula strategi pengelolaan waktu dan kegiatan, agar energi dan stamina tidak terporsir sebelum waktunya, yang dapat mengakibatkan kondisi kesehatan dan mental menurun pada saat rangkaian kegiatan ibadah haji mencapai puncaknya,” ungkapnya. 

Kepada Tim Pemandu Haji Daerah dan Tim Kesehatan Haji Daerah yang telah ditunjuk, Pj. Bupati meminta agar mereka dapat melaksanakan tugas yang telah diamanahkan. Mereka diminta besungguh-sungguh dan menjaga kekompakan di antara semua jemaah, seandainya terjadi perselisihan dan perbedaan. (dan)

Berita Terkait