6 Langkah Obati Anak Pilek dengan Cara Mudah dan Aman

6 Langkah Obati Anak Pilek dengan Cara Mudah dan Aman

  Senin, 14 January 2019 11:21
Lakukan pengobatan alami di rumah ketika anak terserang batuk dan pilek. (Todays Parent)

Berita Terkait

Cuaca akhir-akhir ini memang berubah-ubah dengan cepat. Kondisi cuaca yang sering tiba-tiba hujan besar setelah panas bisa menyebabkan kondisi tubuh tidak fit. Salah satunya terserang batuk pilek khususnya pada anak-anak.

Jika anak terlanjur terserang batuk pilek, ada baiknya para orang tua tidak langsung buru-buru memberikan obat warung. Sebab, ada berbagai langkah yang bisa dilakukan di rumah untuk mengurangi rasa tak nyaman karena pilek dan batuk pada anak.

Seperti dilansir dari Todays Parent, Senin (14/1), 5 langkah pengobatan batuk pilek yang bisa dilakukan di rumah. berikut cara-caranya.

1. Satu Sendok Madu

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa meminum satu sendok teh madu setengah jam sebelum tidur dapat membantu batuk lebih reda dan tidur nyenyak. Diyakini bahwa sifat antimikroba dan antibakteri dari madu bekerja. Namun, ingatlah bahwa anak-anak di bawah usia satu tahun tidak boleh diberikan madu karena akan mengalami risiko botulisme bayi.

2. Makanan Mengandung Air

Menjaga agar anak-anak tetap terhidrasi adalah bagian yang sangat penting untuk membuat mereka merasa lebih baik. Tapi kadang, pilek atau batuk dapat membuat anak-anak menjadi lesu, sehingga mereka tidak mau makan atau minum terlalu banyak. Solusinya, tawarkan sejumlah kecil makanan yang mengandung air seperti sup atau jus. 

3. Saline Spray

Saline spray dapat membantu karena garam melonggarkan lendir dan membuatnya lebih mudah bagi anak untuk membersihkannya dari hidung mereka. Anda juga dapat mencoba mengajar anak-anak usia enam tahun untuk berkumur dengan air garam untuk membantu meredakan sakit tenggorokan.

4. Humidifier

Humidifier untuk kamar anak dapat membantu mengatasi gejala batuk dan pilek untuk menjaga jalan napas. Atau bisa juga dapat menyelimuti anak Anda lalu membawanya keluar untuk menghirup udara dingin selama beberapa menit.

5. Bantal Ekstra

Tambahkan bantal tambahan untuk mengangkat kepala anak Anda dan membantu membersihkan pernafasan yang tersumbat. (Marieska Harya Virdhani/Jawa Pos)

Berita Terkait