50 Tahun SMAN 1 Pemangkat; Merajut Kembali Memory Putih Abu-abu

50 Tahun SMAN 1 Pemangkat; Merajut Kembali Memory Putih Abu-abu

  Senin, 7 January 2019 22:24
Suasana kegiatan Reuni Akbar Alumni SMAN 1 Pemangkat tanggal 5-7 Januari 2019 dalam rangka memperingati ulang tahun ke 50 SMAN 1 Pemangkat.

Berita Terkait

Reuni Akbar SMAN 1 Pemangkat dalam rangka ulang tahun ke 50 yang dipusatkan di SMAN 1 Pemangkat sukses digelar Minggu (6/1). Mulai angkatan paling tua dan muda dari segi usia datang. Acara dimulai dengan registrasi alumni yang dibantu OSIS dan Rohis, PAS, Pramuka SMAN 1 Pemangkat. Diperkirakan sebanyak 1.500-an alumni ikut meramaikan momentum istimewa ini.

============

TINGKAH  polah para alumni mendatangi acara reuni pun beragam.  Mulai berombongan dengan menggunakan baju alumni per angkatan,  hingga angkatan alumni kompak datang berdama "Belarak" dengan membawa "Manggar". Tak hanya itu,  masing masing alumni memajang Photo Boot, guna latar belakang agar setiap momen bersama menjadi bingkai yang sempurna. Mereka datang dari berbagai wilayah, ada dari Pemangkat,  Kota Singkawang, Sambas,  Bengkayang, Mempawah,  Pontianak dan penjuru daerah lainya seperti Ketapang hingga luar Kalimantan Barat.

Acara demi acara dilalui. Dibuka dengan menyanyikanLagu Indonesia Raya, seperti mengingatkan upacara Senin pagi sewaktu sekolah. Lalu, pembacaan doa yang dipimpin bapak Nadir. Usai kedua acara itu, suasana kembali riuh dengan canda dan tawa. Tampak para guru masih gagah berdiri dengan raut wajah gembira meski rambut mereka sudah tampak memutih. Mantan guru dan mantan siswa bertemu kembali diajang reuni. Mereka bersalaman merajut kembali cerita suka dan duka semasa SMA.

Tak sekedar menumpahkan kerinduan,  para alumni juga ikut menyumbang secara pribadi demi kemajuan sekolah dalam acara penggalangan dana.  Partisipasi penggalangan dana diikuti seluruh alumni hadir, usai itu mereka bersalaman bersama Kepala sekolah, dewan guru hingga tamu undangan.  Ada haru hingga rindu tak terbendung menyelimuti suasana reuni, karena puluhan tahun tak berjumpa. Bahkan ada angkatan alumni secara khusus menyerahkan cinderamata istimewa kepada guru mereka. Diakhir acara, alumni meluapkan bakat dan minatnya bernyayi hingga bergoyang bersama.

“Terima kasih kepada alumi yang hadir. Tanpa kepedulian alumni tentulah sebuah sekolah bukanlah apa apa. Karena Alumnilah, sekolah itu bisa kuat dan hebat,” ungkap Kepala Sekolah SMAN 1 Pemangkat, Dudi Rosmedi M.Pd.

Ketua Ikatan Alumni SMAN 1 Pemangkat H Guntur SP MM mengapresiasi kehadiran dan antusias para alumni.  "Ini momentum merajut silaturahmi, kami ucapkan terima kasiha atas partisipasinya, " ungkap Guntur.

Atas nama keluarga besar ikatan alumni SMAN 1 Pemangkat mengucapkan terima kasih atas pengabdian guru yang selama ini mendidik dan membimbing siswa."Semoga guru guru kami, orangtua kami, para alumni diberikan limpahan kesehatan, rejeki dan senantiasa di ridhoi Allah SWT, " ungkapnya.

Ketua Panitia Reuni Alumni SMAN 1 Pemangkat,  Hari Kurniathama,  mengatakan Reuni Akbar ini merajut kembali tali silaturahmi antar alumni. Diharapkan, kata dia, reuni ini memberikan makna,  kesan, manfaat bagi para alumni. Bahkan panitia pun bangga akan ramainya alumni yang hadir. Bahkan saat registrasi peserta ada sebagian lupa melakukan registrasi.

“Kursi kami siapkan penuh, bahkan ada alumni berdiri hingga meluber ke ruang kelas. Perkiraan ada sekitar 1.500-an peserta hadir,” ungkapnya. Hal ini menandakan, kata dia, animo alumni untuk hadir tinggi.

Panitia mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasama para alumni dalam mensukseskan Reuni Akbar SMAN 1 Pemangkat.

Sebelumnya, Sabtu (5/1), peserta reuni akbar SMAN 1 Pemangkat melakukan jalan sehat. Titik kumpul kegiatan ini di Gedung Pancasila, Jalan Mohamad Hambal. 

Dengan dikawal mobil patroli Lalu lintas, angkatan angkatan 1979 hingga angkatan alumni paling muda ikut serta. Dengan menggunakan pakaian olahraga dan sebagian kostum alumni masing masing, para alumni sangat antusias.

Dalam kegiatan ini juga Polantas Polres Sambas menyerukan kampanye penggunaan helm ber SNI.  Selain itu diisi deklarasi Pemilu 2019 damai.  Para alumni usai jalan sehat langsung menuju Masjid At Taqwa melakukan penanaman bibit kurma. Penyerahan bibit dan penanaman simbolis dilakukan Ketua Ikatan Alumni SMAN 1 Pemangkat,  H Guntur SP MM bersama pengurus Masjid At-Taqwa, Abdi Syukur didampingu para alumni lainya, serta dilanjutkan penanaman bakau di Dusun Sinam Desa Pemangkat Kota.(har)

Berita Terkait