50 Pelajar Adu Kebolehan

50 Pelajar Adu Kebolehan

  Kamis, 8 September 2016 09:30
JAMBORE: Para peserta Jambore Kader Kesehatan Remaja diabadikan bersama Ketua TP-PKK Ny Diah Permata Hildi dan Plt Kepala Dinas Kesehatan Agus Rudi Suandi, usai pembukaan jambore, Selasa (6/9) lalu.

Berita Terkait

SUKADANA – Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kayong Utara  menggelar Jambore Kader Kesehatan Remaja tingkat pelajar SMP dan SMA se-Kabupaten Kayong Utara. Kegiatan tersebut digelar demi menambah pengetahuan dan pembinaan para siswa/siswi dalam pengembangan usaha kesehatan sekolah (UKS).

 
Sebanyak 50 pelajar didampingi oleh guru dan pendamping dari Puskesmas Kecamatan, berkumpul di Aula Balai Nirmala, Senin (6/9) lalu. Adapun kehadiran mereka untuk beradu kebolehan dalam memberikan pertolongan pertama kecelakaan (P3K), pertolongan pertama pada penyakit (P3P), serta keterampilan dalam membaca Kartu Menuju Sehat.

Ketua TP-PKK Kabupaten Kayong Utara Ny Diah Permata Hildi saat membuka acara, menyampaikan apresiasinya kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat dan UKS, dalam mengoptimalkan serta senantiasa meningkatkan derajat kesehatan dan membentuk pola hidup sehat terutama di lingkungan sekolah.

“Pembinaan dan pengembangan usaha kesehatan sekolah adalah upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, terarah, dan bertanggung jawab dalam menanamkan, menumbuhkan, dan melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Selanjutnya Diah menambahkan bahwa pembinaan dan pemahaman tentang UKS kepada pelajar yang dikemas dalam bentuk lomba, menjadi gebrakan yang cukup baik, untuk penekanan pada segi praktis. Harapan dia, kelak apa yang diperoleh mereka, dapat diaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Lomba yang diadakan ini semata-mata untuk memacu pengetahuan dan kreativitas siswa dalam memperaktikkan P3K dan P3P, sehingga dapat diaplikasikan dalam lingkungan sehari-hari. Jadi, jangan meliat kalah menangnya, tetapi tangkaplah ilmu yang didapat dari jambore ini,” pesannya.

Hal senada juga disampaikan pelaksanatugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kayong Utara, Agus Rudi Suandi. Dijelaskan dia bahwa tujuan dari kegiatan ini, agar siswa-siswi mempunyai pengetahuan, sikap, dan perilaku yang proaktif terhadap kesehatan. Di samping itu, diharapkan dia, juga mampu merangsang minat dan daya saing setiap Jambore Kader Kesehatan Remaja.

“Untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan potensi diri melalui kompetisi, akan dapat membangun karakter anak Indonesia yang berkualitas dan berakhlak mulia, mendorong tumbuh kembang anak yang sehat dan berprestasi,” tutupnya. (dan/Humas)

 

Berita Terkait