5 Tips agar Tidak Terlambat Saat Mengejar Jadwal Bus

5 Tips agar Tidak Terlambat Saat Mengejar Jadwal Bus

  Jumat, 21 June 2019 13:18

Berita Terkait

Perjalanan naik bus akan lebih nyaman jika kamu sudah memilih tempat duduk yang paling nyaman dan mempersiapkan berbagai hal tanpa harus terlambat.

=============

Perjalanan Jakarta – Bandung memang semakin mudah ditempuh setelah banyak layanan bus travel yang membuka armadanya. Sejak jalur tol Cipularang dibuka, banyak orang yang memilih bus travel sebagai moda transportasi favorit. Selain nyaman, pilihan jadwalnya juga lebih fleksibel karena banyak pilihan.

Agar lebih mudah, kamu bisa beli tiket travel XTrans Bandung di sini dan manfaatkan juga promo dari Traveloka untuk harga yang lebih murah. Nah, kalau biasanya naik bus besar yang harus berebut tempat duduk, naik bus travel bisa pilih nomor kursi. Pastikan kamu tidak terlambat mengejar jadwal bus dengan mempersiapkan hal-hal berikut ini.

1. Beli tiket online

Bus travel online punya berbagai channel pembelian, tapi beli tiket lewat online travel agent (OTA) seperti Traveloka adalah pilihan paling praktis dan cepat. Kamu tidak perlu lagi menelepon untuk booking tiket, atau buru-buru datang ke pool untuk rebutan tiket di jadwal tertentu dan malah kebagian waiting list.

Nah, kalau sudah beli tiket online, tinggal tunjukkan e-ticket yang kamu punya sebagai bukti booking yang sah dan bisa kamu pakai langsung sesuai jadwal. Pastikan juga kamu pilih tanggal dan tujuan bus travel yang tepat, terlebih lagi kalau mau langsung beli tiket pulang-pergi.

2. Datang 30 menit lebih cepat

Seperti layaknya moda transportasi kereta api dan pesawat, kamu harus melakukan check-in setidaknya 15 menit sebelum keberangkatan. Lalu, kenapa harus datang 30 menit sebelumya? Nah, mengantisipasi penumpan waiting list yang biasanya berebut – apalagi saat peak hour – kamu sebaiknya datang lebih cepat, cukup 15 menit saja.

Kalau kamu sudah check-in, artinya kamu sudah dipastikan akan mengambil kursi yang sudah dipesan. Jangan sampai terlalu lama antre check-in sampai kamu keduluan dengan penumpang lain yang ada di daftar tunggu bus travel. Memang kecil sih kemungkinannya, waiting list hanya akan mulai dipanggil 15 menit sebelum keberangkatan sebelum menggantikan penumpang yang tidak datang. Namun, lebih baik antisipasi dengan datang sedikit lebih cepat ‘kan?

3. Packing sejak malam sebelumnya

Nah, biasanya naik bus travel memang hanya untuk perjalanan jarak dekat. Hal ini yang seringkali membuat banyak penumpang menganggap sepele persoalan packing. Meskipun sudah sering melakukan perjalanan dengan bus travel, sebaiknya kamu tetap mempersiapkan barang bawaan dari malam sebelumnya. Jadi, bisa langsung berangkat deh keesokannya.

4. Tidak membawa banyak barang

Pengaturan tempat duduk setiap bus travel berbeda-beda. Meskipun dari penyedia layanan yang sama, tapi terkadang fasilitas setiap bus berbeda. Kalau kebetulan dapat bus travel yang lebih sempit bagasi dan tempat duduknya, kamu akan kesulitan menyimpan barang kalau terlalu banyak. Tidak hanya merugikan kamu karena tidak muat, tapi juga mengganggu jatah penyimpanan barang orang lain.

5. Persiapkan camilan dari sebelum berangkat

Ketimbang beli makanan setelah datang ke pool bus, lebih baik persiapkan camilan dan air minum sebelum berangkat ke pool. Jadi, kamu benar-benar sudah tinggal check-in dan duduk manis di dalam bus karena sudah membawa camilan yang cukup untuk perjalanan. Jadi, kamu tidak perlu repot antre beli makanan sebelum berangkat. Kalau sudah check-in memang tidak akan ditinggal, tapi kamu tentu tidak ingin disalahkan penumpang lain yang merasa tidak nyaman karena harus mengunggu kamu selesai beli makanan ‘kan?

Nah, beberapa hal tadi bisa dipersiapkan dengan baik jika kamu hendak menggunakan transportasi bus travel untuk perjalanan dekat seperti Jakarta – Bandung. Jadi, tidak perlu terlambat lagi ya!**

Berita Terkait