41 Calon Advokat Ikuti PKPA Peradi Pontianak

41 Calon Advokat Ikuti PKPA Peradi Pontianak

  Senin, 16 July 2018 11:10
UPA DAN PKPA: Peserta Ujian Profesi Advokat diabadikan usai ujian, Sabtu (14/7) kemarin dan salah satu sesi Pendidikan Khusus Profesi Advokat yang berlangsung di PMIH Fakultas Hukum Untan, Minggu (15/7) kemarin. ISTIMEWA

Berita Terkait

 

PONTIANAK – Dua Agenda Peradi DPC Pontianak untuk mencetak Advokat berkualitas telah berjalan yakni PKPA dan UPA. Untuk agenda Ujian Profesi Advokat (UPA) dilaksanakan serentak seluruh Indonesia telah dilalui kemarin (Sabtu, 14/7). Pelaksanaan ujian berlangsung di aula LP3M Untan, diikuti 36 peserta dari 37 peserta yang terdaftar. Suasana ujian berjalan dengan aman dan lancar tanpa kendala. 

Sementara untuk pendidikan khusus profesi advokat (PKPA) saat ini sudah berlangsung empat kali pertemuan, yang dimulai sepekan (Sabtu, 7/7) lalu. PKPA kali ini diikuti sebanyak 41 peserta. 

“Kita berharap mereka para calon advokat yang mengikuti pendidikan ini dapat memahami bagaimana profesionalitas kinerja seorang advokat dalam penegakan hukum baik litigasi maupun non litigasi. Sebab itu kita harap mereka benar-benar serius mengikuti pendidikan ini,” terang DR (Cd) Hadi Suratman SH MSi, Ketua DPC Peradi Pontianak, didampingi Agus Adam P Ritonga SH MH, Ketua Bidang Pendidikan DPC Peradi Pontianak.

Ia menyatakan pendidikan khusus ini penting, karena ilmu yang disampaikan dalam kegiatan pendidikan tersebut sangat mendasar dan menjadi modal para calon untuk menjadi advokat yang profesional, berkualitas dan beretika. Dimana dalam pendidikan tersebut disampaikan sejumlah materi terkait hukum acara undang-undang advokat dan kode etik advokat. 

Agus Adam, selaku ketua panitia PKPA Angkatan IX mengungkapkan, untuk pendidikan khusus ini, narasumber atau pemateri masih seperti sebelumnya, diisi dengan tenaga pengajar dari Fakultas Hukum khususnya PMIH Untan dan praktisi hukum baik dari DPN Peradi dan DPC Peradi Pontianak serta dari lembaga peradilan.

Kegiatan diisi dengan Hukum Acara Perdata dan Peradilan Niaga dan teknik wawancara dengan Klien, Strategi Beracara di Pengadilan, Hukum Acara Mahkamah Konstitusi, Argumentasi Hukum, Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara. 

Pembahasan lain yakni tentang Hukum Acara Arbitrase dan ADR, Fungsi dan Peran Organisasi Advokat selanjutnya Kode Etik Profesi Advokat, Pendapat Hukum dan Uji Kepatuhan dari Segi Hukum, Hukum Acara Peradilan Agama, Sistem Peradilan Indonesia dan Peradilan Hubungan Industrial.

“Juga dibahas Hukum Acara Persaingan Usaha, Penelusuran Hukum dan Dokumentasi Hukum, Organisasi Perusahaan termasuk Penggabungan dan Pengambilalihan, serta Hukum Acara Peradilan HAM. Ada pula materi Hukum Acara Pidana dan  Perancangan Analisa Kontrak,” terang Agus Adam didampingi sekretaris panitia PKPA angkatan IX, Yudith E Vitranella SH. (*)

Berita Terkait