4 Tips agar Tetap Tenang Saat Berdebat dengan Pasangan

4 Tips agar Tetap Tenang Saat Berdebat dengan Pasangan

  Rabu, 19 June 2019 20:13

Berita Terkait

Setiap pasangan pasti pernah mengalami masalah yang memicu perdebatan, tapi mengatasi permasalahan dengan kepala dingin akan membuatmu lebih mudah cari jalan keluar.

Perdebatan antara pasangan memang sudah jadi hal yang biasa terjadi, terutama jika usia hubungan sudah cukup lama. Bukan tidak mungkin, kamu mulai merasa bosan dan menjadikan hal-hal kecil sebagai suatu masalah. Sayangnya, perdebatan kecil ini seringkali diabaikan dan menjadi masalah besar hanya karena emosi sesaat.

Nah, agar masalah bisa diatasi dengan baik, seharusnya kamu bisa berkomunikasi dengan pasangan tanpa mengedepankan emosi. Kamu dan pasangan pasti sudah saling mengerti satu sama lain. Oleh karena itu, usahakan agar tetap tenang dengan cara berikut ini saat sedang mengalami perdebatan dengan pasangan.

 

1. Mengubah Sudut Pandang

Saat sedang berdebat, mungkin kamu hanya terfokus pada kesalahan yang dilakukan pasangan. Hal ini bisa membuatmu lupa untuk mencari jalan keluar atas perdebatan yang terjadi. Belum apa-apa, kamu sudah keburu emosi dan malah memicu perdebatan lain yang bikin hubungan semakin tidak nyaman.

Saat pasangan melakukan kesalahan, wajar saja kalau kamu merasa kecewa. Namun, jangan sampai kekecewaan yang kamu rasakan menutup semua hal-hal baik yang sebenarnya masih ada di dalam diri pasangan. Jika kamu sudah terfokus pada kesalahan pasangan, pasti diri kamu akan dirundung rasa kecewa. Nah, ubahlah sudut pandangmu agar melihat konteks yang lebih luas untuk menyelesaikan perdebatan.

 

2. Perbaiki Perilaku Pasangan agar Lebih Baik

Saat sedang berdebat sekalipun, percayalah bahwa setiap pasangan pasti melakukan upaya sebaik mungkin untuk menyelesaikan masalah. Kamu mungkin terluka atas apa yang dilakukan pasangan, tapi bukan tidak mungkin bahwa pasanganmu justru sudah melakukan hal terbaik yang menurut mereka benar.

Oleh karena itu, kamu perlu mengesampingkan perasaan sensitif di dalam diri untuk mulai mengkomunikasikan pemahamanmu pada pasangan. Agar pasanganmu bisa bersikap lebih baik, sampaikan sudut pandangmu agar perdebatan yang sama tidak terulang. Ingatlah bahwa setiap orang berkembang dalam lingkungan yang berbeda. Saat pasangan membuatmu kecewa karena hal yang sama, setidaknya kamu harus mencoba mengubahnya.

 

3. Menyadari Perdebatan Sebagai Masalah Bersama

Sakit hati boleh, tapi jangan berlarut-larut. Kalau sedang berdebat dengan pasangan, bukan hanya kamu saja loh yang dikecewakan. Pasanganmu juga pasti merasa kecewa, kalau bukan atas respon kamu, dia juga akan kecewa karena sudah membuat kesalahan hingga membuat kalian berdebat.

Jadi, jangan merasa bahwa kamu satu-satunya orang yang tersakiti saat kalian berdebat. Cobalah untuk memahami bahwa perdebatan yang kalian alami adalah masalah bersama yang membuat kalian sama-sama tidak nyaman. Oleh karena itu, penyelesaiannya juga harus dicari bersama.

 

4. Berusaha Menerima Suasana Negatif yang Terjadi

Hal yang sudah terjadi biarkanlah terjadi. Kamu tidak mungkin memutar waktu saat hubungan kalian masih baik-baik saja. Perdebatan yang sudah telanjur terjadi hanya bisa dicari penyelesaiannya. Sebagai pasangan, wajar saja kalau satu sama lain merasa dikecewakan sehingga terus berpikiran negatif. Usahakanlah untuk tetap menerima keadaan tersebut sebagai hal yang harus dihadapi bersama.

Mungkin memang tidak mudah membicarakan perdebatan yang sedang terjadi. Namun, kamu harus tetap berusaha agar kalian bisa berkomunikasi dengan kepala dingin. Jika belum sempat bertemu, cobalah untuk melakukan panggilan telepon. Kamu bisa beli dan bayar paket kartu halo dari traveloka untuk komunikasi yang lebih terpercaya. Jangan lupa, setiap ada masalah, keep positive ya.**

Berita Terkait