30 Bendera Negara Bertiang Bambu, Begini Penjelasan Sandiaga Uno

30 Bendera Negara Bertiang Bambu, Begini Penjelasan Sandiaga Uno

  Rabu, 18 July 2018 14:50
Sekitar 30 bendera negara peserta Asian Games 2018 berjejer di Jembatan Kali Besar, Jakarta Barat. (Reyn Gloria/ JawaPos.com)

Berita Terkait

ASIAN Games 2018 mendatang diketahui akan diikuti oleh 45 negara, tentunya sebagai salah satu tuan rumah, Jakarta tengah ramai dengan pernak-pernik Asian Games.

Namun terjadi perbincangan terkait bendera negara Peserta Asian Games yang sudah mulai terpasang di sejumlah titik. Salah satunya, di kawasan Kali Besar, Jakarta Barat.

Pantauan JawaPos.com di lapangan, ada  sekitar 30 bendera negara peserta yang telah terpasang di sisi selatan kawasan Kali Besar, tepatnya di Jalan Pintu Besar Utara. Sayangnya, bendera-bendera tersebut hanya dipasang dengan bambu yang tercat putih.

Bahkan, jika diperhatikan bambu-bambu yang berjejer terlihat  tidak tegak sehingga membuat jejeran bendera terlihat tidak simetris. Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiga Uno mengatakan hal tersebut adalah partisipatif dari warga.

"Oh iya ini kan partisipasi masyarakat. Bukan (dari Pemprov). Kan kita mau partisipatif-kolaboratif. Unit reaksi cepat menyatakan anak-anak muda konvoi pakai motor bawa bendera. Setelah selesai, dipasang di situ," tuturnya di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (17/7) malam.

Lagipula, Sandi melihat harusnya hal tersebut tidak perlu dibesar-besarkan. Terlebih banyak pihak yang mengaku mau merasakan demam Asian Games, dan pemasangan bendera ini dapat disebut partisipatif-kolaboratif dengan APBD nol.

"Kalau yang dibuat oleh Pemprov kan pasti rapi dan yang masyarakat buat, ya kita tinggal mengarahkan mereka. Tapi mereka tuh pengen bahagia gitu loh nah ini adalah demamnya," terang Sandi.

"Makanya saya bilang sudah 39 derajat. Ini semuanya sudah pasang-pasang bendera sendiri gitu loh," imbuhnya.

Sandi menegaskan Asian Games perlu diramaikan oleh seluruh lapisan masyarakat. Bukan hanya untuk masyarakat lapisan atas namun masyarakat kalangan menengah ke bawah pun dipersilahkan jika ingin berpartisipasi.

"Mereka ini yang di bawah masa tidak boleh sih berselebrasi? Kan mereka pengen Asian Games ini bagian dari experience mereka," pungkasnya.

(rgm/JPC)

Berita Terkait