2019, DAK Fisik Naik Rp1 Miliar

2019, DAK Fisik Naik Rp1 Miliar

  Selasa, 12 March 2019 11:01
SOSIALISASI: Bupati Kayong Utara Citra Duani bersama Kepala KPPN Ketapang, Adi Setiawan saat memimpin Sosialisasi Penyaluran DAK Fisik dan DD Tahun 2019 di Ruang Rapat Kantor Bupati Kayong Utara, Jumat (8/3). ISTIMEWA

Berita Terkait

Sosialisasi Penyaluran DAK Fisik dan DD Tahun 2019

 

SUKADANA – Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik untuk Kayong Utara meningkat dari Rp115 miliar pada tahun 2018 menjadi Rp116 miliar di tahun 2019. Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Ketapang, Adi Setiawan, dalam Sosialisasi Penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa Tahun 2019 di Ruang Rapat Kantor Bupati Kayong Utara, Jumat (8/3).

"Kami berharap penyaluran DAK fisik tahun 2019 akan lebih baik," harapnya. Harapan yang disampaikannya ini sejalan dengan peningkatan tersebut. Atas peningkatan itu, kepada jajarannya, dia berpesan agar penambahan alokasi ini juga disertai dengan peningkatan kualitas pelaskanaan kegiatan di masa yang akan datang.

Pada kegiatan tersebut, Adi menyampaikan evaluasi atas penyaluran DAK fisik dan dana desa pada tahun-tahun sebelumnya dan proyeksi penyaluran sesuai pagu tahun 2019. Menurutnya, persentase penyaluran pada tahun 2018 lebih baik dengan penyerapan mencapai 99 persen, jika dibandingkan dengan tahun 2017 yang mencapai 95 persen. 

Kegiatan sosialisasi dan kordinasi diakhiri dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh Kepala KPPN Ketapang dan Bupati Kayong Utara. Menurut Adi, hal ini merupakan salah satu upaya yang dilaksanakan KPPN Ketapang selaku unit vertikal di lingkungan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan, Kementerian Keuangan, dalam upaya untuk mewujudkan layanan yang bersih, bebas biaya, dan anti gratifikasi.

Terlebih lagi, diungkapkan dia, bagi KPPN Ketapang yang pada tahun 2019 akan mengikuti penilaian Wilayan Bebas dari Korupsi (WBK). Sebelumnya, pada tahun 2018, mereka ditetapkan sebagai unit vertikal di lingkungan Ditjen Perbendaharaan yang memenuhi kriteria Pembangunan Zona Integritas. "Kami mengharapkan dukungan dari segenap mitra kerja atas inisiatif yang sejalan dengan implementasi dari semangat reformasi birokrasi tersebut," pungkasnya.

Sosialisasi tersebut dipimpin Bupati Kayong Utara Citra Duani. Kegiatan dihadiri Kepala Badan Keuangan Daerah dan segenap pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah pengelola DAK fisik dan dana desa di lingkungan Pemda Kayong Utara. 

Dalam arahannya, Bupati mengingatkan segenap jajarannya untuk bersungguh-sungguh dalam mengelola DAK fisik dan dana desa, sehingga mendatangkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat. Dia mengingatkan agar senantiasa mengikuti ketentuan yang berlaku. Dia juga berpesan kepada aparaturnya, agar mengupayakan terselenggaranya monitoring dan koordinasi yang baik untuk kegiatan-kegiatan yang didanai dari DAK fisik dan dana desa.

"Kami mengapresiasi atas sinergi dengan KPPN Ketapang, khususnya yang berkaitan dengan tugas KPPN Ketapang sebagai KPA Penyaluran DAK fisik dan dana desa," kata Citra. (dan)

Berita Terkait