2017, Geopark Ciletuh Masuk UNESCO

2017, Geopark Ciletuh Masuk UNESCO

  Sabtu, 3 September 2016 10:51
MENAWAN: Salah satu sudut Geopark Ciletuh.

Berita Terkait

PEMERINTAH provinsi Jawa Barat menargetkan pada 2017 mendatang, kawasan wisata Geopark Ciletuh, Pelabuhan Ratu, Sukabumi masuk dalam UNESCO Global Geopark. Keyakinan pemerintah setempat makin memuncak setelah setahun sebelumnya, Geopark ini ditetapkan menjadi Geopark Nasional pada 2015 lalu.

 
"Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu diharapkan meraih sukses besar menjadi destinasi wisata dunia," tutur Kepala Dinas Pariwisata Jawa Barat, Ida Hernida dalam sambutan pembukaan Festival Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu di Pantai Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/8).

Dalam mewujudkan hal tersebut, pihak Disparbud Jabar tengah melakukan berbagai macam kegiatan seperti pelatihan Tour Guide, pelatihan sadar wisata, pelatihan seni budaya, eksperimen seni budaya, homestay, media promosi, pembuatan logo, serta website Ciletuh.

"Maksud dari kegiatan ini mensosialisakian program menuju wisata UNESCO Global Geopark dan mengeksplorasi budaya di lingkungan sekitar Ciletuh Geopark," paparnya.

Selain itu, kata dia, dalam festival tersebut pihaknya juga akan melakukan bakti lingkungan dengan menanam mangrove, membersihkan laut, serta memasarkan produk-produk asli masyarakat."Pasca even kita akan melakukan aksi bersih pantai," jelas dia.

Lebih jauh, melalui festival yang digelar dari tanggal 27-28 Agustus ini, pihaknya memiliki dua tujuan.  Pertama menjadikan Geopark Ciletuh sebagai ikon Unesco Global Geopark yang merupakan lanjutan geopark nasi‎onal pada 22 Desember 2015 lalu.  Yang kedua, Geopark Ciletuh sukses menjadi destinasi wisata dunia.(gun/mam/JPG)

Berita Terkait