166 Praja IPDN Kalbar Dapat Kuliah Umum Soal Kependudukan

166 Praja IPDN Kalbar Dapat Kuliah Umum Soal Kependudukan

  Sabtu, 16 February 2019 13:06

Berita Terkait

KUBU RAYA-Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, BKKBN pusat, Dwi Listyawardani memberikan kuliah umum pada 166 mahasiswa di Kampus IPDN Kalimantan Barat, Sabtu (16/3). Tema yang diberikan dalam kuliah tersebut adalah tentang generasi milenial di era bonus demografi.

Deputi KBKR BKKBN, Dwi Listyawardani dalam kuliah umum yang ia berikan mengatakan, BKKBN dan IPDN miliki kerjasama. Oleh karenanya pihaknya terus melihat perkembangan IPDN diseluruh Indonesia. Di IPDN Kalbar merupakan kunjungan ke dua setelah sebelumnya ia mengunjungi IPDN Jati Nangor.

Pada kesempatan ini, dirinya menyampaikan bahwa permasalahan keluarga berencana dan pembangunan keluarga begitu penting diketahui mahasiswa IPDN.

Pasalnya, setelah selesai dari sini, praja IPDN bakal terjun ke masyarakat sebagai ASN pengayom masyarakat. Sehingga mereka mesti tahu apa yang menjadi masalah, termasuk soal kependudukan ini.

Untuk kuliah umum ini lanjut dia, tema yang diambil adalah tentang generasi milenial menghadapi bonus demografi. Temanya tepat, karena para praja ini ke depan bakal menjadi pemimpin.

Ketika menjadi pemimpin mestilah pribadinya harus bisa memberikan contoh yang baik pada masyarakat. Contoh terkecilnya bagaimana mereka mengelola keluarga kecilnya dengan baik.

Menurutnya, seorang pemimpin akan sukses jika sang pemimpin itu mampu memimpin keluarganya dengan baik. Oleh karenanya, patut diketahui ilmu ini agar ke depan menjadi bekal para praja IPDN ini.

Di tempat sama, Direktur IPDN Kalbar, Zulkarnaen Elyas memandang pelaksanaan kuliah umum tentang Kependudukan yang diberikan BKKBN merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang sudah dilakukan selama dua tahun ini.

Kader pamong praja lanjut dia mesti paham tentang Kependudukan, karena ilmu ini begitu dibutuhkan saat mereka bertugas di lapangan nanti.

Dia juga menjelaskan bahwa kader pamong praja dididik secara generalis bukan spesialis. Oleh karenanya mereka harus paham tentang semua ilmu pengetahuan termasuk Kependudukan ini.

Di IPDN Kalbar, juga miliki mata kuliah tentang ilmu Kependudukan yang mereka dapat disemester dua. Mudah-mudahan dengan diberikan materi Kependudukan secara langsung mereka semakin paham dan ketika bertugas nanti para praja ini dapat mengaplikasikan ilmunya kepada masyarakat dengan baik.(iza)

Berita Terkait