14 Adegan Nando Tewas

14 Adegan Nando Tewas

  Selasa, 27 September 2016 09:30
ADEGAN: Salah satu adegan yang diperagakan tersangka Afui dalam kasus pembunuhan anak asuh di jalan Pulau Belitung Kelurahan Pasiran kemarin.

Berita Terkait

SINGKAWANG—Polsek Singkawang Barat melakukan rekonstruksi pembunuhan pengasuh (babysiter) terhadap bocah Lorenza Fernando alias Nando  di jalan Jl Pulau  Belitung Gang Sinar Nomor 16 Rt 037/Rw 006, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat Senin (26/9)

 
Sebanyak 14 adegan diperagakan Julianti alias Afui, 24, tersangka pembunuhan Lorenza Fernando alias Nando

 “Ada 14 adegan dan di tiga TKP yang berbeda diperagakan tersangka dalam rekonstruksi itu,” ungkap Kapolsek Singkawang Barat, Kompol Sunarno kepada wartawan di TKP.

Ada tiga tempat lokasi rekontruksi diantaranya di rumah korban sebagai TKP 1 sebanyak  sepuluh adegan. Kemudian di TKP 2 atau tempat tersangka mengambil motor sebanyak  dua adegan, dan di TKP 3 atau di RSU Harapan Bersama ada sebanyak dua adegan, saat tersangka membawa korban ke rumah sakit.

”Kita menggelar rekonstruksi di TKP, lantaran faktor keamanan sangat memungkinkan, begitu juga dengan kondisi cuaca atau hujan gerimis yang cukup mendukung,” katanya

Menurutnya, rekonstruksi yang digelar bertujuan untuk melengkapi berkas perkara. “Semua pihak ikut hadir, seperti Kejaksaan, Kuasa hukum tersangka, suami tersangka dan ayah korban,” katanya.

Disinggung mengenai kehadiran suami tersangka dalam rekonstruksi itu, Sunarno mengatakan, bahwa kehadirannya hanya untuk mendampingi tersangka saja. “Sehingga apa yang diutarakannya disaksikan langsung oleh suaminya,”jelasnya.

Dengan demikian, keterangan yang tersangka lakonkan, tidak semata-mata berdiri sendiri. Sehingga apa yang dilakukan tersangka menjadi nyata.  Atas perbuatannya, lanjut Sunarno, tersangka dikenakan pasal berlapis, yaitu Pasal 338 KUHP dan atau subsider Pasal 351 ayat 3 KUHP dan atau lebih subsider Pasal 80 ayat 3 UU No 35 tahun 2014, tentang perubahan atas UU No 23 tahun 2002, tentang perlindungan anak.‎ (har)

Berita Terkait