13 Anak Terjaring

13 Anak Terjaring

  Jumat, 1 April 2016 09:42
Razia Preman

Berita Terkait

SAT Sabhara Polres Sambas, selama Februari berhasil mengamankan 20 orang saat kegiatan Aksi Nasional Premanisme. Mayoritas mereka yang diamankan merupakan anak-anak dan remaja yakni sebanyak 13 orang.

Kapolres Sambas, AKBP Sunario SIK MH melalui Kasatsabhara selaku Kasatgas Anti Premanisme, AKP Agus Riyanto, SH mengatakan selama pelaksanaan aski nasional pembersihan preman dan premanisme, yang tujuannya memberikan rasa aman, nyaman dan perlindungan kepada masyarakat. Pihaknya telah melakukan 22 kali kegiatan.

Diantaranya di pasar sembilan kali, terminal, daerah perkantoran, tempat persantaian, setegher, pemukiman penduduk serta kafe dan penginapan selama Februari 2016. “Kegiatan itu berhasil mengamankan sebanyak 20 orang, dengan rincian 17 laki-laki dan tiga orang perempuan, kemudian berdasarkan umur, dewasa sebanyak tujuh orang dan

anak-anak sebanyak 13 orang,” kata AKP Agus Riyanto SH, Kamis (31/3) ditemui di ruang kerjanya.

Tempat –tempat yang menjadi sasaran, terbanyak yang diamankan adalah di daerah pemukiman penduduk, yakni sembilan orang dengan tujuh diantaranya diikutkan sidang tindak pidana ringan.

“Tujuh orang yang disidangkan tipiring dalam giat tersebut, didakwa melanggar Pasal 25 Jo Pasal 48 ayat 1 Perda Kabupaten Sambas tentang ketertiban umum,” katanya. Kemudian di kafe, penginapan, dan tempat persantian sebutnya, masing-masing berhasil dijaring dua orang yang kesemuanya dibuatkan surat pernyataan.

Disampaikan Kasatsabhara Polres Sambas, dengan dilaksanakan kegiatan tersebut. Diharapkan bisa mencegah bertemunya niat dan kesempatan. Yakni dengan langsung mendatangi, mengamati, menjelajahi, memperhatikan situasi dan kondisi yang diperkirakan menimbulkan segala bentuk pelanggaran.

Ke depannya, sebutnya, ada tindak lanjut yang harus dilakukan pihak terkait setelah dilaksanakan kegiatan oleh pihak kepolisian. Agar ada solusi terhadap orang yang terjaring. Agar tak mengulangi perbuatannya.(fah)

Berita Terkait