12 Remaja Thailand Terjebak di Gua, Tim Penyelamat Kerja Mati-matian

12 Remaja Thailand Terjebak di Gua, Tim Penyelamat Kerja Mati-matian

  Rabu, 11 July 2018 08:30
Para penyelam saat misi penyelamatan 12 pesebak bola junior dan pelatihnya yang terjebak dalam gua di Thailand (Royal Thai Navy via AP)

Berita Terkait

Setelah beberapa hari terjebak, di dalam gua, akhirnya 12 remaja anggota klub sepak bola Thailand beserta pelatihnya berhasil dievakuasi dengan selamat. Proses penyelamatan berlangsung sejak Minggu (8/7) dan berakhir pada Selasa (10/7).

----------------

Sulitnya proses evakuasi terhadap korban mengkakibatkan tragedi ini menjadi perhatian dunia. Bagaimana tidak, medan yang sulit dan sempit serta air berlumpur harus dilalui tim SAR dan korban. Apalagi remaja yang terjebak itu tak bisa berenang.

Setelah berhasil dievakuasi tim penyelamat dan penyelam, semua orang yang menunggu di luar gua pun bersorak sorai gembira. Pasalnya para korban itu bisa bertahan kendati pun terjebak di dalam gua selama 17 hari. Terhitung sejak 23 Juni lalu. Ketika dievakuasi kondisinya masih selamat.

Infogragfis misi evakuasi penyelamatan tim sepak bola remaja di gua Thailand. (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Usai dievakuasi, para korban mengikuti tes darah dan x-ray. Bahkan tujuh hari ke depan, 12 anggota pemainn dan pelatih klub sepak bola itu tetap dalam pengawasan rumah sakit.

"Ke 12 anak dari tim sepak bola Wild Boars dan pelatih mereka telah dievakuasi dari gua. Semua aman," tulis timeline di laman Facebook Navy Seals yang dilansir dari BBC.

Kelompok itu terperangkap pada 23 Juni setelah hujan lebat membanjiri jalan pulang mereka. Mereka ditemukan oleh penyelam Inggris pada 9 Juli.

Mereka berumur antara 11 hingga 17 tahun. Pada waktu itu, mereka memasuki Gua Tham Luang di provinsi Chiang Rai untuk bertamasya dengan pelatih mereka.

Kedelapan anak laki-laki pertama yang diselamatkan pada hari Minggu (8/7) dan Senin (9/7) masih dirawat di rumah sakit. Kondisi para korban dalam keadaan sehat mental dan fisik.

(BBC/iml/JPC)

Berita Terkait