10.000 Ekor Bibit Ikan Dilepasliarkan di Sungai Sekayam

10.000 Ekor Bibit Ikan Dilepasliarkan di Sungai Sekayam

  Rabu, 25 April 2018 15:15

Berita Terkait

ENTIKONG--Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) bersama instansi terkait di Entikong, melepas liarkan bibit ikan sebanyak 10.000 ekor disungai Sekayam.

“10.000 bibit ikan itu terdiri dari 7000 ikan nila, dan 3000 ikan emas. Semuanya kita lepas di Sungai Sekayam untuk menambah keberagaman ikan dan menjaga kekosistem sungai,” kata Kepala BKIPM Entikong, Giri Pratikno, Rabu (25/4).

Menurut dia, dengan pelepasliaran (restocking) bibit ikan bisa menambah keberagaman ikan di Sungai Sekayam, enam bulan kedepan tentunya bibit ikan itu sudah besar-besar harapanya bisa berkembang biak.

“Kami meminta warga perbatasan untuk menjaga ekosistem sungai Sekayam, jangan menangkap ikan dengan tuba atau racun yang bisa merusak ekosistem,” himbau Giri Pratikno.

Pelepasliaran bibit ikan itu, bertepan dengan bulan bakti BKIPM yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Propinsi di Indonesia.

Syamsul Bahrun warga Entikong menyambut baik adanya pelepasliaran ikan di Sungai Sekayam, dia mengakui jika sekarang ikan lokal masih banyak disungai. dengan beragam jenis ikan tentu membuat warga bisa meningkatkan konsumsi ikan air tawar.

“Warga diperbatasan mengandalkan sungai Sekayam untuk mendapatkan protein dari ikan, dengan cara memancing. tidak ada yang menangkap ikan dengan racun atau tuba karena dilarang keras, jika ketahuan bisa kena sanksi adat,” pungkasnya. (agus alfian)

Berita Terkait