100 Siswa SDN 09 Delta Pawan Ikuti Khataman Al-Qur'an

100 Siswa SDN 09 Delta Pawan Ikuti Khataman Al-Qur'an

  Selasa, 15 May 2018 10:45
KHATAMAN ALQURAN: Sebanyak 100 siswa SDN 09 Delta Pawan dari kelas III, IV, V, dan VI mengikuti kegiatan Khataman Alquran dalam rangka pelepasan siswa kelas VI, Minggu (13/5) kemarin. ISTIMEWA

Berita Terkait

Membumikan Alquran dengan Mengkhatamkan Ratusan Siswa

Pelepasan siswa kelas VI SD Negeri 09 Kecamatan Delta Pawan tampak beda dari acara-acara kegiatan serupa pada umumnya. Nuansa religi terasa sekali dalam penyelenggaraan pelepasan sebanyak 54 siswa tersebut. 

KEGIATAN yang mengambil tema: Membumikan Al-Qur'an Melalui Khataman Al-Qur'an, diisi dengan pembacaan Khataman Alquran oleh 100 siswa SDN 09 Delta Pawan yang berasal dari kelas III, IV, V, dan VI sendiri, Minggu (13/5).

Kepala SDN 09 Delta Pawan Muhammad Nur Hermaen SPd, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan pelepasan siswa dengan khataman Alquran seperti ini, bertujuan agar anak-anak mereka, khususnya yang beragama Islam, semakin mencintai Alquran. Harapan lainnya, mereka juga ingin menjadikan anak-anak mereka berbudi pekerti sesuai dengan Alquran. "Saya mengucapkan terima kasih kepada wali siswa dan juga guru yang telah mendukung acara pelepasan ini," katanya.

Sementara itu, Diarahmah SPdI, guru agama di SDN 09 Delta Pawan mengatakan bahwa membumikan Alquran melalui kegiatan seperti ini, merupakan salah satu program khusus yang diterapkan kepada siswa. Setiap siswa mereka sebelum jam pelajaran dimulai, diwajibkan membaca Alquran, doa salat, dan doa-doa pendek sebelum jam pelajaran dimulai. Sehingga dengan program ini, siswa diharapkan dia terbiasa membaca Alquran dan mempunyai karakter Qur'ani, baik di sekolah maupun di rumah. "Tahun depan harus ada 200 siswa yang khatam Alquran," harapnya. 

Diahrahmah juga menambahkan, terlaksana kegiatan ini atas dukungan Kepala Seksi Pakis Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ketapang. Yang bersangkutan, menurutnya, terus memberikan dukungan moril dan motivasi kepada seluruh guru agama SD Negeri 09 Delta Pawan, agar berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan kegiatan membumikan Alquran melalui khataman Alquran kepada siswa. "Semoga program ini bisa menjadi inspirasi untuk sekolah lain. Sehingga anak-anak cinta terhadap Alquran," harapnya. (pms/ser)

Berita Terkait