​Diklatpim IV Angkatan XXIII 2019 Dibuka

​Diklatpim IV Angkatan XXIII 2019 Dibuka

  Senin, 18 March 2019 09:17
DIABADIKAN: Gubernur Kalbar, Sutarmidji (tengah) diabadikan bersama kepala BPSDM dan Peserta usai pengalungan tanda peserta. AGUS SULAIMAN

Berita Terkait

Upaya Kembangkan Kompetensi ASN

 

PENDIDIKAN dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XXIII tahun 2019 telah resmi dibuka Selasa (12/03) oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, SH, M.Hum di Aula Bhineka Tunggal Ika Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kalbar. 

Diklat diikuti 40 Pejabat Pengawas di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Sutarmidji dalam sambutannya mengatakan, salah satu amanat utama UU No. 5  Tahun 2014 tentang ASN dan PP No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS adalah bahwa pengembangan kompetensi merupakan hak setiap ASN yang harus dipenuhi oleh negara minimal sebanyak 20 jam pelajaran per tahun. “Dengan pengembangan kompetensi ini diharapkan ASN dapat melakukan inovasi dan perubahan yang cepat khususnya untuk Kalimantan Barat sesuai tuntutan revolusi industri 0.4, dimana persaingan dengan kecepatan-kecepatan luar biasa,”kata Sutarmdji.

Sementara Kepala  BPSDM, Drs. Alfian, MM dalam laporannya mengungkapkan bahwa kurikulum yang dipergunakan dalam penyelenggaraan Diklatpim IV mengacu pada Peraturan Kepala LAN No. 20 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Diklatpim IV, dimana pelaksanaannya melalui 5 tahap pembelajaran, yaitu Tahap Diagnosa Kebutuhan Perubahan Organisasi (on campuss), selama 11 hari pembelajaran yang mengarahkan peserta untuk menentukan area kegiatan yang berhubungan dengan tugas dan fungsi unit yang akan mengalami perubahan, Tahap Membangun Komitmen Bersama (off campuss/ Breakthrough 1), selama ± 7 hari kalender dimana peserta akan kembali ke unit kerjanya, untuk membangun komitmen bersama dengan sejumlah pemangku kepentingan melaksanakan perubahan terkait dengan kegiatan yang berhubungan tugas dan fungsi unit.

Tahap Membangun Tim Efektif (on campuss), selama18 hari pembelajaran yang mengarahkan peserta menyusun Rancangan Proyek Perubahan yang inovatif dan cara membangun tim yang efektif untuk melaksanakan perubahan terkait dengan kegiatan yang berhubungan dengan tugas dan fungsi unit dan Tahap Laboratorium Kepemimpinan (off campuss/ Breakthrough 2), selama ± 60 hari kalender dimana peserta akan kembali ke unit kerjanya mengimplementasikan Proyek Perubahan sesuai dengan kegiatan yang berhubungan dengan tugas dan fungsi unit yang melibatkan stakeholders (pemangku kepentingan) sesuai dengan milestones yang disusun serta Tahap Evaluasi (on campuss), selama 5 hari pembelajaran, yang akan mengarahkan peserta untuk menyajikan Proyek Perubahan yang dihasilkan sesuai dengan milestone disertai dengan bukti-bukti berupa notulen/ transkrip tertulis, audio/visual, foto, daftar hadir, dan sebagainya.(ags/ser)

 

 

Berita Terkait