Zulkifli Minta PAN Kalbar Kompak

Zulkifli Minta PAN Kalbar Kompak

  Jumat, 8 April 2016 16:29
MELANTIK: Ketum DPP PAN Zulkifli Hasan melantik pengurus DPW PAN Kalbar. MADE FRANS/PONTIANAK POST

KETUA Umum DPP Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan, meminta PAN Kalbar kompak, usai melantik pengurus DPW di Grand Mahkota Hotel Pontianak, Sabtu sore, 2 April 2016. Zulkifli melantik sebanyak 70-an pengurus DPW PAN Kalbar. Pelantikan turut dihadiri Bupati Kubu Raya Rusman Ali, Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, staf ahli Gubernur Kalbar Yusri Zainuddin, perwakilan Kodam XII/Tpr, perwakilan Polda Kalbar; Partai Nasdem, Gerindra, dan Hanura.

“Selamat sudah dilantik. Pengurus selamat bekerja, layani rakyat dan negara agar lebih maju. Kalau kita sejahterakan rakyat, otomatis kita sejahtera. Jaga kekompakkan. Kalau ada yang aneh-aneh, sikat. Tidak usah khawatir, kita cari orang yang betul-betul mau majukan negeri ini,” ujar Zulkifli.

Terkait agenda musyawarah daerah di tiap kabupaten/kota se-Kalbar. Ia meminta DPW dan DPD menerapkan pesan sila ke-4 Pancasila, permusyawaratan/perwakilan. “Tidak ada menang-menangan, jangan tiru partai yang berkelahi. Buat apa! Kalau partai sudah kelahi, bagaimana layani rakyat. Musda, pilih empat dari DPD, satu dari DPW. Pilih yang terbaik dari lima itu,” katanya.
Dalam sambutannya, Zulkifli menegaskan, PAN lahir sebagai partai pembaharu / reformasi. Bentuk koreksi dari keadaan otoriter waktu itu. “PAN gerakan pembaharuan, dengan tokoh sentral, Amien Rais, waktu itu. Teman-teman jangan lupa, kalau tidak ada reformasi, tidak akan ada Gerindra, Hanura, Nasdem; tidak ada pemilihan langsung. PAN sudah reform negeri ini, menjadi suatu kesempatan besar bagi siapa pun di republik ini bisa menjadi apa pun,” ujarnya.

Boyman Harun, Ketua DPW PAN Kalbar menyampaikan, kepengurusan sekarang lebih ramping dari sebelumnya. Meski demikian, sudah mewakili tiap kabupaten/kota di Kalbar. Kepengurusan DPW PAN Kalbar 2015-2020, menjadi yang pertama dilantik. “Karena terpenting di DPW secara administrasi melakukan pengawasan dan evaluasi seluruh pengurus partai yang ada di DPD kabupaten/kota se-Kalbar,” katanya.

Usai pelantikan, malam harinya, pengurus DPW dan DPD PAN se-Kalbar menggelar rapat kerja wilayah dengan agenda pokok menentukan jadwal musda pada tiap DPD. Para pengurus sepakat, musda pertama digelar DPD PAN Ketapang pada 23 April 2016. Dilanjutkan DPD PAN Kayong Utara (24 April), DPD PAN Melawi (7 Mei), DPD PAN Landak (21 Mei), DPD PAN Sanggau (22 Mei), DPD PAN Sekadau (28 Mei), DPD PAN Sintang (29 Mei), DPD PAN Singkawang (31 Mei), DPD PAN Bengkayang (1 Juni), DPD PAN Sambas (2 Juni), DPD PAN Mempawah (4 Juni), DPD PAN Kapuas Hulu (16 Juli), DPD PAN Pontianak (23 Juli), dan DPD PAN Kubu Raya (24 Juli).

Terpisah, Zulfydar Zaidar Mochtar, ketua panitia (OC) pelantikan dan rakerwil bersyukur, seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan lancar dan sukses. “Kami berterimakasih atas dukungan seluruh kader PAN di Kalbar, baik DPW dan DPD, sehingga pelantikan dan rakerwil terlaksana lancar sesuai jadwal. Terima kasih pula pada seluruh anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota dari PAN yang telah hadir,” ujar wakil ketua DPW PAN Kalbar ini.

Sementara itu, wakil ketua DPW PAN Kalbar lain, M Farid Riza menyampaikan, musda pada seluruh DPD PAN kabupaten/kota se-Kalbar menjadi agenda utama konsolidasi partai. “Dalam waktu dekat, kita akan hadapi agenda besar politik. Tahun depan, pilkada Singkawang dan Landak. Lalu, pemilihan gubernur pada 2018 dan pemilu legislatif 2019. Karenanya, musda penting untuk konsolidasi ke dalam,” pungkas Ketua Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan (POK) PAN Kalbar ini. (d1/ser)