Ziarah ke Makam Juang

Ziarah ke Makam Juang

  Selasa, 21 November 2017 10:00
TEBAR BUNGA: Danyonarmed 16/Komposit Ngabang, Letnal Kolonel Arm Victor Jacob Lucas Lopulalan beserta satuan Yonarmed 16/Komposit dan Artad Ngabang menebar bunga di makam juang Ngabang pada Ziarah rutin, Senin (20/11) lalu.MIFTAHUL/PONTIANAK POST

Berita Terkait

NGABANG – Memperingati HUT ke-20 Batalyon Armed (Yonarmed) 16/Komposit dan HUT ke-72 Artad 2017 Ngabang menggelar ziarah ke makam pahlawan Kabupaten Landak, Senin (20/11) lalu.

“Kami setiap tahun selalu berziarah ke Makam juang ngabang dengan tabur bunga dengan penuh hikmat,” tutur Danyonarmed 16/Komposit Ngabang, Letnal Kolonel Arm Victor Jacob Lucas Lopulalan S. Sos., M. Tr (Han) seusai acara.

Ziarah ini merupakan tradisi rutin yang dilaksanakan tiap tahunnya. Disamping itu kegiatan ini adalah suatu bentuk penghormatan untuk mengenang jasa para pahlawan, khususnya pahlawan dari Kabupaten Landak yang telah berjuang sebelum dan sesudah kemerdekaan.

“Kami sangat berharap makam juang Ngabang ini merupakan situs peninggalan sejarah dan ini harus kita lestarikan dan kita sampaikan kepeda Generasi Muda khususnya,” ujarnya.

Kegiatan pada pagi hari itu dimulai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dan mengheningkan cipta. Dilanjutkan dengan pembacaan doa. Tak lupa, segenap peserta acara menaburkan bunga ke sejumlah makam sekaligus memberikan penghormatan kepada arwah para pahlawan. Hadir pada acara tersebut komandan satuan beserta para pegawai staf, komandan baterai (kompi), anggota perwakilan dari batalyon beserta ibu-ibu Kartika Chandra Kirana Cabang 54.

Ia secara pribadi berharap, masyarakat dapat menghargai para pahlawan dan sejarah yang ada di Ngabang khususnya. Dengan cara berziarah secara rutin untuk mendoaakan para arwah.

“Kemudian, bagaimana kita dapat mengaplikasikan nilai-nilai yang telah mereka wariskan, yakni dengan mempertahankan keutuhan negara ini,” ujarnya.

Kedepan rakyat juga mesti dapat mengisi kemerdekaan ini dengan baik. Artinya menjaga keutuhan wilayah NKRI, kedaulatan dan membangun negeri.

Sekarang adalah waktunya untuk membangun. TNI, kata dia siap untuk menjadi rekan pemerintah kabupaten Landak khususnya, dalam pembangunan dan membantu masyarakat. “Sehingga dapat maju sejahtera, aman dan damai,” tutupnya. (mif)

Berita Terkait