Yoga & Yunita Duta Wisata Ketapang

Yoga & Yunita Duta Wisata Ketapang

  Sabtu, 23 April 2016 14:05
DUTA WISATA: Finalis Duta Wisata Ketapang Tahun 2016 diabadikan bersama dengan jajaran SKPD, serta Kasdim 1203 Ketapang, dalam malam final di Borneo City Mall Ketapang, Rabu (20/4) malam lalu.

Berita Terkait

KETAPANG – M Yoga Rivaldi dan Yunita Duriani ditetapkan sebagai jawara Seleksi Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Ketapang 2016 . Penetapan juara pertama Duta Wisata tersebut berlangsung setelah seleksi sepanjang 18 – 20 April lalu di Borneo City Mall Ketapang.
Pada malam grand final, Rabu (20/4) malam lalu, dibuka Bupati Ketapang diwakili Staf Ahli Bupati dan plt Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Ketapang, Devi Frantito SSos MSi. Selain Yoga dan Yunita, dewan juri yang terdiri dari Deasy Maria Aphen SPsi, Uly Loly Amanda, dan M Thamrin SSos, juga menetapkan Y Frans Zanuares sebagai juara II putra, Ryan J Pratama (juara III putra), Steven Tandrianto sebagai duta berbakat putra, Agung Prabowo sebagai duta berbusana terbaik putra, serta Canes Pratama sebagai duta favorit putra. Sementara Yosepa Retno Dwiastuti sebagai juara II putri, Helena Vanesa K (juara III putri), Rianti Mahesa Putri sebagai duta berbakat putri, Sri Mulyadi sebagai juara  berbusana terbaik putri, dan Feby Fedrika Rita sebagai duta favorit putri.
Mereka yang ditetapkan menjadi duta wisata ini diharapkan mampu mempromosikan wisata Kabupaten Ketapang, sehingga dapat dikenal di tingkat nasional, bahkan internasional. Uly Lola Amanda, peringkat III Duta Wisata Nasional Tahun 2013 yang juga dewan  juri sebelum penobatan Duta Wisata, mengingatkan bahwa mereka yang terpilih harus selalu kompak dalam mempromosikan wisata Kabupaten Ketapang. “Jika bukan dari kita, maka siapa lagi yang akan mempromosikan sektor wisata?” kata dia.
Para Duta Wisata diminta menguasai informasi dan potensi pariwisata, untuk kemudian disampaikan kepada masyarakat. Duta wisata ini diharapkan mampu menjadi partner utama Dinas Budparpora Kabupaten Ketapang, dalam pengembangan sektor kepariwisataan di kabupaten ini. Harapan ini disampaikan kepala Dinas Budparpora Ketapang, Drs Yulianus.
Sementara itu, Bupati Ketapang melalui Devi Frantito, staf Ahli Bupati Ketapang, menilai Pemilihan Duta Wisata seperti ini sangat strategis. Harapan dia, mereka tak hanya bertukar pengalaman, tetapi juga peranannya sebagai wakil Kebupaten Ketapang, dalam mempromosikan sektor kepariwisataan di kabupaten ini. Keberhasilan pembangunan sektor pariwisata di daerah ini, diingatkan dia, tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata. “Tetapi juga merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat, termasuk juga peranan generasi muda dalam mensosialisasikan dan menginformasikan keindahan pariwisata daerah. Salah satu upaya tersebut dilakukan dengan mengoptimalkan peran Duta Wisata.” (ser)

 

Berita Terkait