Yamaha Klaim Maju “3-4 Tahun”

Yamaha Klaim Maju “3-4 Tahun”

  Kamis, 10 December 2015 09:46
Gambar dari Internet

Berita Terkait

VALENCIA-- Pertama kali menjajal ECU baru untuk musim 2016 ujung tombak Movistar Yamaha Valentino Rossi langsung menghakimi bahwa sistem elektronik standar tersebut memundurkan performa motor seperti pada musim 2008-2009. Namun saat ini tim Yamaha meyakini telah berhasil mengejar ketertinggalan tersebut “3-4” lebih maju.

Manajer tim Jorge Lorenzo Wilco Zeelenberg kepada Crash menyatakan penilaian Rossi tersebut muncul karena merasakan begitu ngedropnya performa motor Yamaha-M1 setelah menggunakan ECU standar di hari pertama uji coba akhir musim. Setelah melalui penalaran pada data-data yang didapat di hari pertama, tim mulai menemukan setingan lebih baik.

’’Benar memang masih banyak yang harus dikerjakan dan tentu ini soal pengendalian motor. Kontrol wheelie (roda depan mengangkat saat gas dibuka), kontrol traksi, engine braking (pengereman mesin), dan semua hal terkait,’’ terang Zeelenberg. ’’Tapi segera setelah mereka membaca data, mereka bisa melihat apa masalahnya. Dan saat ini tinggal urusan menyesuaikan semuanya,’’ imbuhnya.

Tak hanya duo Yamaha yang mengeluhkan adaptasi dengan ECU standar, bintang Repsol Honda Marc Marquez juga menyebut sistem elektronik baru tersebut mengepras power mesin secara drastis. Selain itu fungsi kontrol traksi yang ikut dikebiri membuat para rider kini sulit melakukan sliding dengan mulus saat melibas tikungan.

’’Aku rasa itu juga masalah kami. Aku tidak bisa memberikan jawaban spesifik karena aku tidak mengendarai sendiri motor tersebut. Tapi dari keterangan yang didapat dari Jorge, (ECU) ini terlalu mengontrol semuanya dan buruknya mengontrol dalam artian yang buruk,’’ terang Zeelenberg.

Lorenzo hanya finis kelima mengakhiri dua hari uji coba akhir musim di Valencia. Rekan setimnya, Rossi di tempat ketujuh. Saat Honda memilih menggunakan waktu tiga hari uji coba di Jerez sepekan setelahnya, untuk mengumpulkan data tentang ECU baru dan ban Michelin, Yamaha memilih libur. Artinya mereka baru akan kembali melakukan uji coba mengikuti jadwal resmi pada 1 Februari tahun depan di Sepang. (cak)

Berita Terkait