Wujudkan Visi-Misi dengan Dukungan SKPD

Wujudkan Visi-Misi dengan Dukungan SKPD

  Selasa, 23 February 2016 10:06
PIMPIN RAPAT: Bupati Ketapang Martin Rantan bersama Wakil Bupati Suprapto S memimpin rapat bersama jajaran SKPD serta para camat, kemarin, di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Ketapang. ISTIMEWA

Berita Terkait

KETAPANG – Menuju Ketapang maju dan masyarakat yang sejahtera merupakan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Ketapang periode 2016 – 2021, Martin Rantan SH dan Drs Suprapto S. Namun visi serta misi tersebut tentu saja harus mendapat dukungan penuh dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). SKPD dinilai sebagai pasukan yang siap untuk mewujudkan visi dan misi tersebut.

Meskipun usai dilantik Bupati, Wabup, beserta Sekretaris Daerah (Sekda) Drs HM Mansur telah melakukan rapat di Mess Hubda Ketapang di Pontianak, tetapi dengan keterbatasan waktu ketika itu, Bupati pun kembali melanjutkan rapat bersama SKPD dan camat di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Ketapang, kemarin.

Bupati dalam kesempatan tersebut menekankan kepada pimpinan SKPD dan camat untuk membuat profil masing-masing organisasi yang dipimpinnya. Hal ini, menurut Bupati, penting, supaya dapat mengetahui secara hierarki struktur organisasi dari kabupaten sampai dengan kecamatan. Dengan demikian, Bupati menambahkan, dapat melihat posisi jabatan yang terisi dan posisi jabatan yang kosong.  

"Data dimaksud tersebut harus disampaikan dalam bentuk ekspos per-SKPD masing-masing paling lambat satu minggu setelah rapat hari ini," ucap Bupati.

Bupati juga menginstruksikan kepada Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) agar menyiapkan database untuk eselon IV, mulai dari sekretaris, kepala bagian, kepala seksi, dan seterusnya. "Nanti kami akan mengamati, baru kami lakukan rotasi dan promosi jabatan" jelas dia.

Selain itu Bupati juga meminta kepada Bagian Organisasi, Bagian Hukum, hingga Asisten Sekretariat Daerah, untuk mengkaji agar keputusan yang diambil sesuai dengan aturan normatif yang berlaku. Dengan demikian, dia berharap agar dapat disinergiskan aturan dari pusat sampai daerah, dikarenakan saat ini ada kewenagan beberapa dinas di kabupaten sudah diambil provinsi. "Kita akan akan menata bagian dan bidang yang sudah layak jadi dinas dan badan," janji dia.

Sementara itu, Wabup Suprapto meminta kepada seluruh PNS yang ada di Ketapang untuk mendukung Bupati dan Wabup, guna melaksanakan visi dan misi, sesuai dengan tupoksi masing-masing SKPD. "Mudah-mudahan nanti ada PNS yang menjadi wakil bupati seperti saya," ucap mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ketapang tersebut.

Mengingat begitu luasnya Kabupaten Ketapang dengan 31 kilometer persegi lebih, satu hal yang akan dilakukan, menurut dia, adalah dengan mempercepat proses pemekaran. Menurut dia, ada beberapa kabupaten yang akan dibentuk, untuk mendukung ketapang menjadi provinsi. "Prioritas yang akan kita mekarkan adalah Kendawangan Jelai," kata dia.

Dia juga meminta agar loyalitas sebagai pegawai negeri dipertahankan. Terkait hal-hal tentang pembangunan, diingatkan dia agar mengikuti aturan. Dia berjanji, bersama Bupati akan membekap para aparaturnya sebatas kemampuan.Dia meminta agar para pimpinan SKPD memberikan semua laporan kegiatan pembangunan, baik yang menggunakan dana APBD maupun APBN. "Jjangan sudah kejadian baru beri tahu kami," kata Wabup.

Wabup juga menegaskan kepada SKPD jika ada perintah Bupati dan Wabup yang melanggar aturan, harus berani menolak. "Kalau ada perintah dari Bupati dan Wakil Bupati melanggar aturan, jangan laksanakan! Ya harus berani memberikan penjelasan, ini salah Pak! Saya tidak mau punya anak buah yang selalu menurut iya, iya," tandas mantan Inspektur Inspektorat tersebut. (afi/ser)

 

Berita Terkait