Wujud Kepedulian dan Eratkan Kebersamaan

Wujud Kepedulian dan Eratkan Kebersamaan

  Sabtu, 25 June 2016 10:06
SERAH BANTUAN: Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Drs HM Mansur MSi menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid Nurul Huda Sunai Awan Kanan, Kecamatan Muara Pawan, dalam safari Ramadannya. ISTIMEWA

Berita Terkait

SUNGAI AWAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang Drs HM Mansur MSi tak memungkiri jika bantuan yang disampaikan kepada sejumlah pengurus masjid pada safari Ramadan, nilanya tidak besar. Tetapi, dia menegaskan bahwa bantuan yang disalurkan tersebut merupakan wujud kepedulian Ketapang, dalam mengeratkan kebersamaan yang sudah terbina dengan baik selama ini.

“Jangan lihat besar dan kecilnya, dengan kepedulian dari pemerintah daerah ini, mudah-mudahan semakin dapat meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT,” kata Sekda ketika melaksanakan safari Ramadan di Masjid Nurul Huda, Desa Sungai Awan Kanan, Kecamatan Muara Pawan. Dalam kesempatan tersebut, dia juga menyampaikan permohonan maaf, pasalnya semula dalam kegiatan tersebut diagendakan dihadiri langsung Bupati dan Wakil Bupati. Namun, dia menambahkan, Bupati baru tiba dari Kota Pontianak dan masih harus menghadiri kegiatan yang lebih penting. Sedangkan Wakil Bupati, dijelaskan dia, sampai Kamis sore masih di Kota Pontianak. Maka, safari Ramadan di Masjid Nurul Huda diwakilkan kepadanya selaku Sekda.

Namun yang terpenting, menurut dia, agenda tersebut tetap dihadiri para kepala SKPD, sehingga ketika ada persoalan yang perlu untuk ditanyakan masyarakat, langsung disampaikan kepada kepala SKPD yang hadir di sela-sela pelaksanaan safari Ramadan. Harapannya, dengan dilakukan safari Ramadan akan semakin mengeratkan silaturahmi antara aparat pemerintah dan masyarakat, khususnya sesama umat muslim.

Tidak lupa Sekda juga mengingatkan jika Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan rahmat, sehingga umat muslim harus memperbanyak ibadah. “Meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT. Tingkatkan amal ibadah dengan memperbanyak salat, melaksanakan ibadah puasa, taraweh, membaca Alquran, zakat, infak, dan sedekah.  Termasuk juga ditingkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan,” ajak Sekda.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda juga sempat mengupas tentang harapan dari Gubernur Kalbar mengenai pentingnya menjaga stabilitas harga kebutuhan barang, terutama selama Ramadan dan Idulritri.

Ada pun sumbangan Pemkab Ketapang yang disampaikan di Masjid Nurul Huda Desa Sungai Awan Kanan di antaranya 11 gulur tikar sajadah.
Sementara dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang berupa dua gulung tikar sajadah. Selain itu disampaikan juga pengeras suara serta lima bingkisan paket lebaran untuk iman dan pengurus masjid.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan oleh Sekda didampingi H Farhan SE MSi, asisten II Setda Ketapang; Drs H Syarifendi, kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang; dan Camat Muara Pawan Ismadaniar SSos.

Dalam tausiyah safari Ramadan, yang disampaikan salah satu ustaz dari
program kerja sama Kedutaan Besar Arab Saudi dan Kementerian Agama,
dikupas tentang keistimewaan Alquran. Dari sejarah diturunkannya Alquran kepada Rasulullah SAW disampaikan dalam tausiyah singkat. Ratusan Warga jemaah Masjid Nurul Huda meramaikan safari Ramadan. (PK)

Berita Terkait