Wow, New York–London Hanya 4,5 Jam

Wow, New York–London Hanya 4,5 Jam

  Sabtu, 21 November 2015 10:41

NEVADA – Bagi para pebisnis, waktu adalah uang. Hal itu disadari betul oleh perusahaan teknologi mesin jet Aerion. Bekerja sama dengan Airbus, mereka merancang pesawat supersonik AS2. Pesawat yang kecepatannya lebih tinggi jika dibandingkan dengan suara tersebut bakal selesai dan dilakukan tes penerbangan perdana pada 2021. Nah, pada 2023, pesawat seharga USD 120 juta (Rp 1,7 triliun) itu akan diserahkan kepada pembelinya.

FlexJet sudah memesan pesawat supercanggih tersebut. Tak tanggung-tanggung, perusahaan yang bergerak di bidang sewa-menyewa pesawat itu telah memesan 20 AS2. FlexJet telah melakukan survei terhadap para konsumen yang mayoritas pebisnis kelas atas. Menurut CEO FlexJet Michael Silvestro, hasilnya adalah mayoritas ingin mencoba pesawat jet pribadi supersonik itu.

’’Aerion AS2 adalah ide yang luar biasa untuk perjalanan internasional yang menyediakan satu-satunya transportasi supersonik komersial,’’ ujar Silvestro. ’’Pesawat ini memungkinkan penggunanya untuk sarapan dengan keluarganya di New York, menikmati makan siang bisnis di London, dan kembali pulang untuk membantu anak-anak mengerjakan pekerjaan rumahnya,’’ tambahnya.

Pesawat yang didesain untuk 8–12 penumpang tersebut memang menjanjikan kecepatan yang luar biasa sampai 1.960 kilometer per jam atau dua kali kecepatan suara. Perjalanan dari New York ke London bisa ditempuh dalam waktu 4,5 jam. Dengan penerbangan komersial, biasanya dibutuhkan waktu 7 jam. Perjalanan dari Jakarta ke Surabaya yang berjarak penerbangan 691 kilometer bisa ditempuh hanya dengan waktu 20 menit. Wow.

Pesawat yang didukung tiga mesin jet tersebut bisa mendarat di hampir semua bandara. Hampir seluruh bodi pesawat dibuat dari fiber karbon yang terkenal kuat dan tipis. (CNN/Forbes/Tech Insider/sha/c22/ami)