Wisatawan CGM Diprediksi Meningkat

Wisatawan CGM Diprediksi Meningkat

  Senin, 8 February 2016 10:25

Berita Terkait

PONTIANAK-Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Pontianak, Helfira Hamid meyakini arus wisatawan yang datang dalam rangka Cap Go Meh tahun ini akan lebih besar ketimbang tahun lalu. Menurutnya, pemerintah dan sejumlah stakeholder telah melakukan koordinasi untuk acara kelak. Salah satunya adalah festival barongsai dimana ada 22 peserta yang akan ikut, dari berbagai daerah dan negara.

“Pihak penyelenggara Yayasan Bhakti Suci, dan didukung oleh Bank Mandiri serta Pemkot Pontianak sudah berkoordinasi soal festival barongsai ini. Selain peserta dari dalam negeri. Juga akan ikut peserta dari Thailand, Singapura dan Brunei Darussalam. Mereka akan ikut bertanding,” ujarnya kepada Pontianak Post, kemarin.

Selain itu akan digelar pula pasar kuliner di Jalan Pangeran Diponegoro yang diikuti puluhan stan. Pasar itu akan berlangsung selama sepekan. Selain itu di area pasar kuliner itu akan didirikan panggung dimana berbagai acara hiburan, seni dan budaya berlangsung setiap hari. Seperti tahun sebelumnya juga, pemilihan koko memei akan dilangsungkan pada momen Cap Go Meh.

Sementara itu pada acara puncak, akan digelar karnaval naga dan kirab budaya. Helfira mengatakan saat ini sudah ada 16 replika naga yang akan ikut festival tersebut. Salah satunya adalah naga raksasa. “Namanya naga langit. Kepalanya saja sebesar mobil Toyota Innova. Sedangkan panjangnya panjangnya lebih 100 meter. Nanti pemenang festival barongsai juga akan ikut karnaval ini,” jelas dia. Adapula atraksi naga bersinar pada malam harinya.

Menurut dia, panitia sudah melakukan promosi sejak jauh-jauh hari. Sehingga diperkirakan rangkaian acara tersebut akan ramai. “Target kami tentu saja angka wisatawan meningkat. Apalagi dari hotel-hotel mengaku sudah banyak kamar yang terpesan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kalbar, Yuliardi Qamal mengaku bahwa pemesanan kamar hotel untuk periode Cap Go Meh sudah mulai ramai. “Paling ramai di Singkawang, dan kabarnya sudah hampir penuh kamar-kamar di sana. Karena kamar sudah dipesan sejak setahun sebelumnya. Imbasnya, wisatawan memilih menginap di Pontoianak. Tetapi nonton Cap Go Mehnya di Singkawang karena di sana ada festival tatungnya,” jelas dia. (ars)

Berita Terkait